Perlu Memuliakan Kemerdekaan



Mahasiswa Perlu Memuliakan Hari Kemerdekaan. [Ilustrator BP2M/ Lala Nilawanti]

Merayakan Hari Ulang Tahun RI sesungguhnya bukan pesta biasa. Pesta ini tidak Semata menandakan kita telah merdeka, bebas dari penjajahan. Tetapi juga menunjukan bahwa pesta ini milik seluruh lapisan masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Cara mengekspresikan kebahagiaan itu menjadi wujud kecintaan kepada negeri ini.

Perayaan kemerdekaan itu perlu, hal tersebut agar tetap menjaga ruh kemerdekaan itu di masa sekarang. Kampus beserta mahasiswa seharusnya ikut andil dalam perayaan hari kemerdeaan ini. Birokrasi, mahasiswa, dan civitas academica lainnnya bisa ikut andil sesui perannya.

Sebagai lembaga akademis, kampus memiliki peran yang sangat besar terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Moment kemerdekaan ini bisa menjadi pengingat bahwa kampus memiliki segudang tanggung jawab terhadap kemaslahatan bangsa untuk menjaga kualitas kemerdekaan Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, telah di jelaskan dalam UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi bahwa Perguruan Tinggi (PT) adalah lembaga ilmiah yang mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di atas perguruan tingkat menengah, dan yang memberikan pendidikan dan pengajaran berdasarkan kebudayaan kebangsaan Indonesia dan dengan cara ilmiah. Bunyi pasal 1 ini menjelaskan peran PT seharusnya merayakan kemerdekaan RI dengan cara-cara yang bersifat ilmiah dan akademis.

Perayaan kemerdekaan tidak perlu mewah. Yang paling penting adalah seluruh lapisan civitas academica dan masyarakat mampu merasakan kekhusukkan HUT RI. Mengadakan lomba tulis esai, lomba tulis sastra, dan lomba karya tulis ilmiah bertemakan kemerdekaan misalnya, dapat bisa menjadi alternatif perayaan khusus kemerdekaan secara akademis. Seluruh civitas academica bisa ikut memeriahkan sesuai perannya masing-masing.

 [Tim Redaksi]



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perlu Memuliakan Kemerdekaan "

Posting Komentar