Photobooth dan Bagi Kupon Inovasi Kurangi Golput di Fakultas Ekonomi


BP2M/Anisya. Beberapa pemilih sedang berfoto ria di photoboth.
Pemilihan Umum Raya diadakan serentak di setiap fakultas di Universitas Negeri Semarang, Selasa (5/12). Untuk menarik minat pemilih, ada saja yang dilakukan panitia. Salah satunya di Fakultas Ekonomi yang membuat photobooth dan bagi-bagi kupon.

Semarang, Linikampus.com - Pelaksanaan Pemilihan Umum Raya (Pemira) telah dilaksanakan serentak pada hari Selasa kemarin, (5/12). Untuk di Fakultas Ekonomi, ada 3 TPS yang disediakan dengan tersebar di tempat yang berbeda, yakni TPS 1 bertempat di pelataran Gedung C3 Fakultas Ekonomi, TPS 2 bertempat di Lantai 1 Gedung L2, serta TPS 3 di Lantai 3 Gedung L2.

Kegiatan yang dimulai sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB hingga sore hari, pukul 17.00 WIB ini memang telah dirancang oleh panitia sejak kurang lebih satu bulan hari sebelum hari H, sehingga diharapkan pelaksanaan dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya kendala.

M. Fahmi Syihab, selaku panitia, mengatakan keantusiasan mahasiswa dalam keikutsertaan Pemira ini semakin banyak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan penambahan jumlah peserta yang ikut meng-klik untuk menggunakan hak suaranya.

Adapun kendala yang sempat panitia rasakan selama persiapan kegiatan ini, diantaranya terkait kurangnya  simulasi yang diadakan bagi panitia yang mana hanya dilakukan pada H-1 sebelum kegiatan berlangsung sehingga terjadi masalah jaringan wifi untuk login.

Untuk menjaga kegiatan Pemira ini terlaksana dengan baik dan terhindar dari indikasi kecurangan, panitia telah melakukan pengamanan terbaik berupa penjagaan ketat di masing-masing TPS serta menggunakan sistem online dengan kode masuk untuk presensi dan pada saat pemilihan.

Mengetahui minat mahasiswa yang sedikit untuk menyalurkan hak suaranya, panitia telah mempersiapkan berbagai hal untuk menarik mahasiswa untuk ikut meng-klik calon pemimpin pilihannya, yakni dengan photobooth dan kupon bagi beberapa pemilih pertama yang akan membawa hadiah berupa snack maupun stiker apabila beruntung.

“Harapan saya sendiri terkait pelaksanaan pemira ke depannya, yakni semoga di tahun yang akan datang persiapan kegiatan seperti ini dapat direncanakan lebih matang lagi. Sedangkan, pelaksanaan tahun ini dapat dijadikan evaluasi bagi panitia ke depannya, sehingga kegiatan dapat terlaksana lebih baik lagi,” ujar M. Fahmi saat diwawancarai.

Harapan panitia sendiri terkait calon pemimpin terpilih, diharapkan pemimpin yang baru untuk amanah dan terus melakukan pendekatan-pendekatan antar Lembaga Kemahasiswaan (LK) dan Badan Semi Otonom (BSO) lain agar dapat bersinergi untuk memajukan Fakultas Ekonomi.

Untuk hasil pemilihan tiap fakultas akan diumumkan di waktu yang berbeda-beda, sesuai dengan adanya pelaporan tindak kecurangan. Untuk Fakultas Ekonomi sendiri, tidak ada laporan atas kecurangan sehingga hasil voting diumumkan di malam setelah pemira usai dengan pembacaan SK oleh panitia. [Anisya] magang linikampus.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Photobooth dan Bagi Kupon Inovasi Kurangi Golput di Fakultas Ekonomi"

Posting Komentar