Nostalgia Anime Tahun 90-an di Nihon Matsuri


 
Dok. @nimats_unnes
Karena tidak adanya festival yang mengangkat tema tahun 90-an, Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang menghadirkan suasana tahun 90-an lewat Nihon Matsuri 2017.
 
Lini Kampus – Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali mengadakan Nihon Matsuri (Nimats), Sabtu (6/5). Acara tahunan ini diselenggarakan di Lapangan B1 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes. Tahun ini Nimats mengambil tema “Kembali ke Tahun 90-an”.
 
“Karena selama ini festival jejepangan jarang menggunakan tema 90-an. Kan tahun 90-an itu lagi hits-hitsnya anime jepang di Indonesia,” tutur Ndaru Septian Adli, ketua panitia Nimats Unnes 2017.
Pada tahun lalu, Nimats memiliki wahana Obake atau rumah hantu untuk memeriahkan acara. Sedangkan pada tahun ini, Nimats menonjolkan minigames seperti yang ada pada pasar malam, lanjut Ndaru.
 
Dekorasi panggung utama acara ini didominasi oleh anime yang dulu hadir di televisi Indonesia seperti Doraemon, Hamtaro, P-Man, Dragonball, dan lainnya. “Panitia mempunyai pemikiran bahwa tema tahun 90-an itu harus terasa seperti tahun 90-an beneran gitu. Anime-anime ini untuk mencerminkan hal itu,” pungkas Ndaru.
 
Rahmadika Dyah Megananda, mahasiswi Ilmu Komunikasi dari STIKOM (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi) Semarang yang hadir pada acara ini berpendapat bahwa tema tahun ini membangkitkan nostalgia. “Iya, jadi teringat anime-anime zaman dulu, sekarang kan sudah tidak ada lagi,” tuturnya. Gadis yang mengaku menyukai anime Hamtaro ini berharap, agar acara Nimats tahun depan akan semakin ramai dari tahun ini.
 
Nimats biasa diadakan sebagai puncak acara dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes. Namun untuk tahun ini, setelah Nimats masih ada kegiatan lain, yaitu Benron Taikai atau lomba pidato bahasa jepang untuk mahasiswa umum.
 
Selain itu, Nimats juga mengadakan lomba fan art atau lomba menggambar, band competition, cover song, dan cosplay competition. Masih ada lomba lainnya juga yaitu Lomba makan takoyaki, mi ramen, dan karaoke lagu anime tahun 90-an. Nimats diakhiri dengan penyalaan kembang api pada pukul 22.30 WIB (6/5). [DONI/FISKAL]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nostalgia Anime Tahun 90-an di Nihon Matsuri"

Posting Komentar