Gubug Peradaban Akan Selenggarakan Expo PKMM


Gubug Peradaban Akan Selenggarakan Expo PKMM
Dok. Panitia

Lini Kampus – Gubung Peradaban merupakan salah satu Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMM) mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) tentang pembinaan moral anak jalanan di Gunung Sari, Candi Sari, Semarang. PKMM yang diketuai oleh Jeni Lestari tersebut melakukan pembinaan moral berbasis Productive Fun Learning, yakni pelatihan keterampilan membuat suvenir karakter. 

Pelatihan ini merupakan inovasi pembinaan moral anak jalanan yang memberikan output berupa kekuatan moral dan keterampilan sebagai bekal hidup produktif di masyarakat. Suvenir karakter berisi pembuatan suvenir yang bertema pengetahuan yang didapatkan dalam pelatihan tersebut. 

Hasil karya mereka dapat menjadi sumber penghasilan. Dalam program ini, strategi kewirausahaan diperlukan untuk mengantisipasi dampak negatif bantuan sosial. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial serta moral anak jalanan sebagai generasi produkif, berakhlak mulia pembangun peradaban. 

Gubug Peradaban menggunakan metode pembelajaran untuk membina moral sekaligus dapat dijadikan untuk menyalurkan bakat anak jalanan di bidang keterampilan tangan. Selain itu, dapat juga dijadikan sebagai sumber penghasilan mereka yang sejauh ini pemasaran produk mereka melalui e-commerce

Kegiatan program Gubug Peradaban ini telah berlangsung selama 2 bulan dengan 9 kali pertemuan. Diikuti sekitar 20 anak dari usia pra sekolah hingga usia sekolah dasar. Dari pemberian materi selama pertemuan diantaranya materi tentang adab berinteraksi yang baik, adab makan minum dan cara mendapatkannya, kasih sayang, kedisplinan, kejujuran, kesopanan dan kepatuhan, serta keagamaan. 

Di akhir kegiatan akan dilaksanakan Expo PKMM Gubug Peradaban dengan festival dan gelar karya pada tanggal 27-28 Mei 2017. Diantaranya perlombaan yang akan dilaksanakan yaitu lomba membuat gelang karakter, gelas karakter, buku kain edukasi, stiker karakter, dan lukisan kaligrafi berbahan cangkang telur. [Jeni]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gubug Peradaban Akan Selenggarakan Expo PKMM"

Posting Komentar