Pipa Tabung Gas Bocor Penyebab Kebakaran di Warmindo Mas Bayu




Jumat (10/3), sekitar pukul 20.30 WIB, terjadi kebakaran di Jalan Taman Siswa RT/RW. 03/03 Sekaran, Gunung Pati, Semarang. Kebakaran terjadi karena kebocoran pipa tabung gas di area dapur Warmindo Mas Bayu (depan kedai Padang Bulan, Sekaran).

“Api tidak terlalu besar dan dapat dipadamkan oleh mobil pemadam kebakaran yang beberapa saat sampai ke TKP," terang Brigadir Haidar, Polsek Gunung Pati, Semarang. “Untungnya sebelum mobil pemadam api datang, warga sekitar lokasi tanggap membantu memadamkan api,” tambahnya, saat ditemui di Klinik Graha Syifa Patemon.

Kejadian ini menelan lima korban luka, yakni empat orang yang merupakan satu keluarga. Pardiman (67 th) pemilik warmindo, mengalami luka di wajah, tangan kanan, dengan derajat luka bakar sebesar 45%. Istri dan anaknya, Emi (40th) dan Eva (19th), masing-masing memiliki derajat luka bakar 45% dan 65%, sedang Bayu (8th) mengalami luka di bagian ibu jari terkena pecahan kaca.

Selain itu, korban luka lainnya, Nurwahid (29th) memiliki derajat luka bakar sebesar 18% ialah pembeli ketika peristiwa terjadi.

“Satu keluarga dirujuk ke UGD RS Kariadi untuk ditangani lebih lanjut dan Nurwahid dirawat di sini,” jelas dr. Ita, dokter praktik Klinik Graha Syifa Patemon.

Menurut dr. Ita, korban mengalami trauma fisik dan psikis. Tim medis dengan cepat menenangkan korban untuk mengidentifikasi lukanya. “Kami berusaha menenangkan pasien dan mencari luka untuk kami tangani, kami berusaha untuk tenang, supaya korban tidak panik,” ujarnya.

Saran dr. Ita, bagi siapapun yang terkena luka bakar, salah satu cara untuk membersihkan luka bakar yakni dengan membersihkan luka bakar dengan cairan NaCl atau revanol, jangan sampai disiram dengan air karena dikhawatirkan akan menginfeksi luka.

“Lebih baik, jika jenis luka bakarnya berat, langsung dibawa ke klinik atau RS,” pungkasnya. (Dian/Eva)



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pipa Tabung Gas Bocor Penyebab Kebakaran di Warmindo Mas Bayu"

  1. Innalillahi wa inna ilaihi ro'jiun..
    Qadarullah, semoga segera diberi kesembuhan

    BalasHapus
  2. Innalillahi wa inna ilaihi ro'jiun..
    Qadarullah, semoga segera diberi kesembuhan

    BalasHapus