KKN Kebangsaan Berkolaborasi Kembangkan Potensi Ekowisata


Mendapat sambutan hangat dari Dinas Pariwisata Bintan

Kegiatan KKN Kebangsaan berlangsung dari 25 Juli hingga 25 Agustus 2016. Selama satu bulan ke depan, sebelas universitas ini akan berkolaborasi mengembangkan potensi ekowisata bahari Desa Malang Rapat.

BP2M - Sebanyak 15 mahasiswa dari 11 universitas se-Indonesia yang tergabung dalam KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kebangsaan 2016 ditempatkan di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau untuk melakukan pengabdian, termasuk di dalamnya Universitas Negeri Semarang. Sebelas Universitas tersebut antara lain Universitas Riau, UIN SUSQA Riau, Universitas Hasanudin, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Jambi, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Nusa Cendana, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jember dan Univeristas Sriwijaya.

"Lima belas mahasiswa dari sebelas universitas ini akan melakukan program kerja yang telah ditetapkan oleh panitia dan Kemenristek Dikti sesuai dengan tema yang diberikan, yaitu tentang Pengembangan Ekowisata Bahari di Daerah 3T Kepulauan Riau sebagai Strategi Menjaga Kedaulatan NKRI," ujar Alfiandri selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Desa Malang Rapat yang berasal dari UMRAH.

Desa Malang Rapat menyimpan banyak potensi ekowisata bahari yang sangat bagus untuk dikembangkan. Hal ini disampaikan oleh Nofan Farid Maghfuri, salah satu peserta dari Universitas Negeri Semarang.

“Setelah melakukan observasi, kita melihat bahwa potensi ekowisata Desa Malang Rapat ini sangat bagus untuk dikembangkan. Berhubung letaknya di daerah pesisir dan lautnya sangat indah terutama di Trikora, sehingga sangat cocok dikembangkan menjadi ekowisata bahari terdepan di Kepri", ucap Nofan (01/08).

Desa Malang Rapat memiliki 7 pulau kecil dengan keindahan laut di sekitarnya. Tujuh pulau kecil tersebut masih kosong dan cocok dijadikan destinasi wisata. Selain memiliki potensi laut yang bagus, Malang Rapat juga memiliki potensi pertanian yang cukup bagus. Program kerja akhir yang akan dihasilkan dari pengabdian mahasiswa KKN ini adalah pembuatan websitetentang Desa Malang Rapat untuk memberikan informasi dan mempromosikan Desa Malang Rapat seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia. Diharapkan melalui KKN Kebangsaan ini dapat membantu pengembangan potensi ekowisata Malang Rapat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KKN Kebangsaan Berkolaborasi Kembangkan Potensi Ekowisata"

Posting Komentar