Screenshot Tingkatkan Kemampuan Jurnalis dan Multimedia


Peserta dan panitia pelatihan berfoto bersama (21/11) [Doc.Screenshot]
"Upgrade Your Journalistic and Multimedia Passion to Action” dipilih menjadi tema  pelatihan jurnalistik dan multimedia  yang diselenggarakan oleh Screenshot, Ilmu Komputer Unnes, Sabtu (21/11). Luaran kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan peserta dalam bidang jurnalis dan multimedia.

Materi yang diberikan meliputi bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar. Peserta diajarkan bagaimana tahap penulisan sebuah berita, mulai dari memilih peristiwa berdasarkan news value, menentukan news angle, membuat judul yang menarik, membuat lead atau teras berita, tubuh berita,
Pembicara memberikan materi jurnalistik (21/11) [Doc. Screenshot]
sampai tahap terakhir yaitu penutup berita.

"Jenis berita sendiri meliputi soft news dan straight news, sedangkan proses pencarian datanya meliputi wawancara, observasi serta studi pustaka. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan memperhatikan formula dasar penulisan berita yaitu accuracy, brevity, dan clarity," terang Suyadi, pemimpin umum BP2M Unnes yang menjadi pembicara di acara tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelatihan desain. Pelatihan ini diperuntukkan agar peserta mendapatkan bekal dalam pembuatan buletin Screen News (Buletin Screenshot). Peserta diajarkan bagaimana cara layout untuk penunjang penyajian berita. "Peserta harus belajar sampai bisa dan menghasilkan karya," tutur Desi Wulansari yang merupakan anggota Screenshot sebagai pembicara kedua.

Karya yang dibuat oleh peserta kemudian dijadikan sebagai syarat untuk memperoleh sertifikat. Pelatihan jurnalistik dan multimedia dilaksanakan setiap tahun oleh Screenshot. Pihak penyelenggara berharap, acara ini dapat meningkatkan kreativitas berpikir peserta dalam dunia junalistik serta mengasah ketrampilan peserta dalam bidang desain.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Screenshot Tingkatkan Kemampuan Jurnalis dan Multimedia"

Posting Komentar