Surat Cinta Untuk Calon Anggota BP2M


Seperti orang yang akan melamar kerja, setidaknya ada kualifikasi yang sudah dimiliki—walau hanya sedikit—sebelum orang tersebut melamar kerja. Seorang yang melamar kerja menjadi seorang sales, setidaknya dia sudah tahu apa pekerjaan sales nanti dan kualifikasi apa yang harus dimilikinya untu bisa mendapatkan job sebagai sales.

Sama dengan ketika kawan-kawan semua hadir ke stand BP2M, tentu sudah tahu apa itu BP2M dan apa kiranya kualifikasi yang harus dimiliki oleh calon anggota. Jika kawan-kawan semua baru tahu BP2M sebatas dari apa kepanjangannya, itu tidak masalah. Setidaknya sudah ada gambaran—walau kecil—tentang arah pergerakan lembaga kegiatan ini.

Namun, ada beberapa hal yang harus teman-teman ketahui agar kawan-kawan bisa menentukan apakah BP2M adalah lembaga kegiatan mahasiswa yang paling pas dengan kalian. BP2M adalah lembaga pers. Pers identik dengan jurnalistik, dan jurnalistik selalu berhubungan dengan media. Media adalah jembatan bagi sebuah informasi dari satu titik ke banyak titik lain.

Surat Cinta Untuk Calon Anggota BP2M
Surat Cinta Untuk Calon Anggota BP2M
Sebagai penghubung, pers haruslah memahami banyak hal. Dalam konteks ini tentu tidak bisa saya jelaskan secara gamblang di sini. Namun ada beberapa hal yang harus dimiliki kawan-kawan calon anggota. Suatu pikiran, tindakan, dorongan hati yang menggiring langkah kawan-kawan masuk ke dunia pers yang sebenar-benarnya yang berfungsi sebagai jembatan informasi.

Di lembaga BP2M, kultur yang dibangun di dalam UKM ini adalah budaya literasi yang dipadukan dengan kreativitas, ditunjang dengan idealis, dan diteguhkan dengan semangat mengembangkan kualitas diri. Oleh sebab itu, orang-orang yang berani berada di BP2M adalah mereka yang kuat secara literasi, teguh secara nalar, dan berpikiran terbuka serta mampu secara baik memahami konteks apapun secara seimbang (check and balance).

Orang-orang yang berada di BP2M haruslah orang yang suka berdiskusi, gemar membaca buku, dan mencurahkan gagasan kreativitasnya dalam berbagai karya (tulisan, ilustrasi, maupun fotografi). Kami ingin mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas literasi dari mahasiswa melalui lembaga ini, selain juga membentuk diri sebagai seorang calon pers kampus yang siap dengan berbagai macam tantangan dan tekanan. Jika anda adalah orang yang mudah menyerah, tidak berdaya juang tinggi, dan tidak memiliki rasa keingintahuan yang besar, silahkan dipikirkan ulang apakah lembaga BP2M adalah UKM yang pas menampung kemampuan kalian.

Ingat, pers adalah media, dan media adalah jembatan atas suatu informasi. Agar informasi yang kita sampaikan kepada khalayak umum berguna dan mencerdaskan pembaca, kita haruslah pintar dan menguasai terlebih dahulu beragam informasi. Jangan sampai kita jauh lebih bodoh daripada pembaca, karena salah satu peran penting pers adalah sebagai kontrol sosial, selain juga sebagai sumber pengetahuan, informasi dan hiburan. Bagaimana mungkin kita mampu mengontrol sosial jika informasi yang kita berikan justru menyesatkan, dangkal, dan tidak mengandung kualitas kedekatan yang menyentuh pembaca.

Saya kira, ini penting dan sudah saatnya anda menimbang kembali keputusan Anda berada di sini. Jika memang BP2M adalah UKM yang sekiranya cocok dengan Anda, silahkan anda mengirimkan surat lamaran serta satu karya terbaik Anda yang orisinal. Karya bisa berupa, tulisan esai, opini, artikel, resensi, laporan perjalanan, cerpen. Contoh tulisan bisa dibaca di website bp2munnes.org.
Saya tunggu karya kalian, selamat berjuang. Salam Persma.



Muh Irkham A

Kepala Penelitian dan Pengembangan
Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa
Universitas Negeri Semarang

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Surat Cinta Untuk Calon Anggota BP2M"