10 Tips Amankan Motor dari Pencuri di Kampus


Sudah menjadi rahasia umum, bahwa disekitar kampus dengan banyaknya mahasiswa membuat para pengincar motor suka melakukan aksinya.

Seperti dilansir Kompas para pencuri melakukan Berbagai cara yang sering digunakan oleh pencuri sepeda motor seperti menggunakan kunci letter T untuk menyalakan paksa mesin motor, mengangkut motor ke dalam mobil boks atau truk, merusak kunci-kunci keamanan yang ada dengan trik tertentu lalu membawa kabur motor, dll.

Untuk mengantisipasi hal tersebut,

berikut 10 Tips Amankan Motor dari Pencuri di Kampus:

1. Parkir di tempat parkir resmi dan aman.

cari parkir dengan standar aman (foto tumblr)


Usahakan kamu untuk selalu parkir di tempat parkir resmi dengan tingkat pengawasan dan keamanan yang tinggi. Kalau bisa, pilih saja lokasi parkir yang terdapat petugas yang selalu memeriksa STNK ketika akan meninggalkan tempat parkir, ada tiket bukti parkir, ada kamera pengawas CCTV, dan banyak petugas keamanan yang menjaga di sekitar tempat parkir.

2. Cek Kunci Motor Anda Sebelum Memarkir Motor

Amankan kunci motor anda (Foto; modifreak)

Hal ini sering terjadi karena terburu-buru atau menggap hanya sebentar saja, yang akhirnya kunci motor masih masuk di kontak atau lupa membuka kunci.

3. Parkir di Tempat yang Mudah Diawasi.
selalu lihat-lihat motor anda yang terparkir 

Jika memarkir kendaraan di depan rumah, baik rumah sendiri maupun rumah orang lain, serta di tempat umum, seperti minimarket, sekolah, warung, warnet, dan wartel, sebaiknya parkir di tempat yang mudah terlihat dari dalam serta pasang mata dan telinga Anda.

Jangan sampai lalai karena pencuri sepeda motor hanya butuh lebih kurang satu menit atau kurang untuk menggasak motor Anda.

4. Berikan Tambahan Kunci Pengaman pada Motor.

Tambahkan kunci ganda

Kunci motor Anda dengan kunci-kunci tambahan, seperti kunci roda, kunci setang rahasia, alarm, gembok, rantai, dan kunci cakram dan sebagainya.

Karena pencuri biasanya butuh waktu sangat singkat untuk mencuri motor, jika ada gembok ia akan sedikit bersusah payah dan berpikir ulang.

5. Mengurangi Perhatian Pencuri motor

Motor kotor dengan pengaman yang cukup sangat mengurangi perhatian pencuri (foto Viva)

Jika motor yang terlihat bagus, baru, dan berdaya jual tinggi dengan sistem pengamanan yang kurang sangat disukai oleh pelaku.

Sementara motor yang sudah kelihatan jelek dengan pengamanan yang cukup dan bila dijual harganya murah termasuk jenis motor yang aman dari pencurian motor. untuk mensiasati agar tidak jadi perhatian, biarkan motor anda kotor.

6. Amankan Barang Berharga Bawaan Anda.


Barang bawaan seperti dompet dan hape seringkali ditinggalkan di dashboard motor matic, atau barangkali bagasi motor, dibagasi motorpun barang anda belum tentu aman, jadi pastikan jika menginggalkan parkir cek semua barang anda.

7. Jangan Sepelekan Motor Anda.

Sejelek apapun motor anda tetap amankan, karena pencuri bisa menjual apapun dari motor anda

Beberapa minggu lalu ada teman yang sering berkata "ahh motor jelek lagian siapa yang mau ambil", tak tahunya kabarnya motornya hilang. ingatlah sejelek motor anda asal ada kesempatan, pencuri akan lakukan aksinya.

Toh masih bisa dijual walaupun spartpartnya, bannya, dan lain-lain. Jadi jika motormu jelek sekalipun menurut kamu kamu perlu jaga juga. syukuri.. oke gays...

8. Waspada Terhadap Mobil boks, pikap, dan truk 

Waspada orang yang menggeret motor anda, bisa jadi akan dimasukan ke mobil boks

ternyata ada beberapa kasus pencuri mengangkut motor anda didalam mobil books yang berada di samping motor Anda, tetap pantau dan waspada.

9. Langsung Masukkan Motor di Kost


Kadangkala kita sering menyepelekan hal ini, "alah, bentar aja kok" tak perlu menunggu, kebiasaan yang sering adalah hilang motor di kost karena bernggapan mau keluar lagi. bahkan ada yang terburu-buru sampai lupa kuncinya masih tertempel di motor. hmm..

10. Kenali Pak/Bu Kost dan Penghuni Kost Lain

Serial pak haji dan anak kost (image; youtube)

Ada cerita lucu dari teman, pencuri pamit secara halus pada pak kost waktu mencuri motor di kost, "monggo pak, kulo mangkat kuliah riyen," Pak kost yang tak tahu menahu hanya mengiyakannya "monggo atos-atos" bisa bayangkan maliang saja dapat restu didoakan lagi.

Maka dari itu Kenali Pak Kost dan Penghuni Kost Lain, hal itu untuk mengantisipasi kejadian masuknya orang asing yang mengaku teman si A untuk melakukan aksinya, jika terjadi demikian pastikan ia benar-benar temannya atau jangan perbolehkan.


Kasus pencurian yang terjadi di kawasan kampus membutuhkan sikap waspada setiap warga Kampus. Pelaku pencurian hampir selalu memanfaatkan kelengahan korban sebelum menjalankan aksinya.

Laptop yang ditinggal ibadah, motor yang diparkir, helm di motor, handphone di kamar dan berbagai gawai (alat) lainnya biasa menjadi target pencurian.

Kalau sudah hilang mau cari dimana???? 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Amankan Motor dari Pencuri di Kampus"

Posting Komentar