6 Ciri Kampus dengan Mutu Pendidikan Baik


Isu mengenai ijazah palsu yang belakangan santer diberitakan media membuat para calon mahasiswa musti jeli untuk memilih kampus yang memiliki mutu pendidikan yang baik.

Bagi para siswa yang baru lulus SMA atau sederajat mungkin sedang mempertimbangakan mau kuliah dimana, dan ambil jurusan apa? dalam memilih tempat kuliah bukan hanya faktor peminat dan akreditasi saja yang perlu dilihat, namun ada beberapa hal yang temen-temen perlu pertimbangkan juga dalam memilih kampus,

Berikut unnesNET akan membahas ciri-ciri kampus yang memiliki mutu pendidikan baik versi UnnesNET;

1. Fasilitas kampus yang memadai

Stanford University menjadi contoh kampus yang memiliki fasilitas memadai, dengan kampus yang luas terdapat ruang-ruang terbuka untuk diskusi mahasiswa
Memang Fasilitas tidak bisa dijadikan alasan utama mahasiswa kritis terampil dan pintar, namun dengan fasilitas yang baik, akan membuat mahasiswa nyaman dalam belajar.

Disamping itu dengan fasilitas yang lengkap, mahasiswa bisa banyak referensi dan wahana yang kompleks, terutama ruang laroraturium, ruang diskusi, ruang senggang, dan fasilitas penunjang lain seperti Hotspot.

2. Pemberian nilai IPK secara objektif

ilustrasi oleh; kartun ngampus

Jangan hanya tergoda masuk di kampus-kampus yang menawarkan IPK tinggi bagi mahasiswanya, karena saat ini banyak kampus-kampus memberikan nilai tinggi kepada para mahasiswanya untuk akreditasi atau tujuan lain dengan sembarangan.

Lagipula IPK tidak menjadi faktor nanti kamu sukses atau tidak.

3. Tidak banyak lulusannya yang nganggur

ilustrasi ; blogger
Sebelum kamu memutuskan pilih kampus, coba cari tahu dulu sarjana kampus itu, atau lulusannya, apakah banyak yang sudah bekerja atau malah sukses berwirausaha atau banyak yang hanya menunggu panggilan kerja.

Karena banyaknya lulusan yang menganggur bisa menjadi tolak ukur tidak suksesnya kampus membina para mahasiswanya, kalau bisa cari kampus yang memiliki mata kuliah enterpreneur atau yang mendukung program itu.

4. Akreditasi tinggi

Cek akreditasi kampus di web resmi ban PT
Walaupun Akreditasi belum tentu menentukan seberapa kreatif dan cerdasnya mahasiswanya, namun akreditasi juga penting dalam menilai program jurusan di satu perguruan tinggi.

jangan sampai menyesal saat kamu sudah lulus, dan melihat kenyataan akreditasi program studi yang kamu ambil nilai akreditasi program studinya masih di bawah rata-rata pendidikan tinggi.

5. Kurikulum yang sesuai perkembangan zaman

Ciri berikutnya yakni kurikulum yang sesuai. Kampus yang tidak mengikuti standar kurikulum yang berlaku dan tidak sesuai dengan perkembangan zaman, menandakan bahwa kampus tersebut kurang up to date.

6. Banyak Ruang-Ruang Diskusi

Ruang Diskusi
Ini merupakan ciri kampus yang memiliki mutu pendidikan baik, jangan sampai kamu memilih kampus yang tidak pernah ada ruang-ruang untuk diskusi, diskusi tentang apapun.

Ketika kamu sudah mulai masuk kampus, kamu akan sadar bahwa jika kamu hanya mengandalkan ilmu dari ruang kelas maka kamu tidak akan berkembang.

Cari kampus yang banyak memiliki komunitas, baik komunitas diskusi, karya ilmiah, atau sekedar hobi karena dengan banyak kumpul dengan komunitas bisa merubah pola pikir.

Bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan saat menentukan perguruan tinggi yang baik untuk masa depanmu pilih yang cermat, jangan sampai masuk kampus asal-asalan. selamat kuliah!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Ciri Kampus dengan Mutu Pendidikan Baik"

Posting Komentar