5 Hal yang Harus Kamu Tahu soal UKT


Bagi kamu maba tahun 2013-2014 pasti udah tahu nih apa itu UKT, karena kamu jadi mahasiswa yang kena biaya UKT pertama, namun bagi mahasiswa yang akan masuk kuliah pasti bingung, dan pada bertanya soal UKT.

UKT merupakan kepanjangan dari Uang Kuliah Tunggal, hal itu berdasarkan kebijakan yang ditetapkan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) pada universitas-universitas negeri.

Semula niat UKT bagus yakni tidak membebani biaya masuk untuk uang gedung seperti sebelumnya yang bisa mencapai 8-10 juta.

Berikut 5 hal yang Harus Kamu Tahu soal UKT:


1. Walau Tidak dibebani biaya masuk, kenyataannya kuliah semakin mahal.

Jika saat ini kamu lolos seleksi kampus negeri dengan biaya 5-7 juta jangan seneng dulu mungkin kamu berpikir itu uang masuk saja seperti kakak-kakakmu dulu yang sudah pernah kuliah.

Kenyataanya biaya UKT kamu yang sekarang bisa jadi 5 juta ini adalah biaya kamu per-semester. bayangkan betapa mahal kuliah saat ini dengan biaya segitu.

2. Penentuan biaya UKT kadangkala tidak Rasional

Penentuan biaya UKT ditetapkan lewat blangko yang kalian isi dulu, mulai pendapatan orang tua, rekening listrik dan air.

Isian rekening listrik dan keadaan rumah bagus tidak menjamin orang itu kaya, hal itu terjadi dibeberapa daerah pertanian, dimana rumah rata-rata sederhana tapi sawahnya seabrek. Sebaliknya bagi orang perkotaan rumah seringkali kecil, gaji orang tua buruh pabrik, tapi dapat UKT 5-7 juta persemester.

3. Cukup membayarkan biaya kuliah tiap semester tanpa perlu khawatir adanya pungutan lainnya selama perkuliahan.


Biaya UKT yang kamu bayarkan mencakup seluruh kebutuhan selama mahasiswa menempuh studi, baik Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Praktik Kerja Lapangan (PKL), hingga wisuda.

4. Berbagai Kategori golongan UKT

Kampus rata-rata menetapkan beberapa kategori UKT sesuai isian data pokok yang telah dilakukan calon mahasiswa.

Kategori I biasanya biaya UKT termurah, lalu lanjut sampai kategori tertinggi dan termahal. Skema itu sebenarnya diharapkan agar terjadi subsidi silang antara mahasiswa mampu dengan mahasiswa kurang mampu, walaupun kenyataanya kuliah tambah mahal.


5. UKT tidak sesuai kamu bisa banding.


Untuk beberapa universitas banding UKT bisa dilakukan hal itu terjadi pada Universitas Negeri semarang sendiri, dimana pada UKT pertama sudah banyak kawan-kawan yang bisa banding dan turun 500-1 juta. Hal itu sudah sangat membantu karena nominal itu bagi orang tua mahasiswa sangatlah besar.

Biasanya kantor BEM menyediakan banding, coba kamu main ke kantor dan menanyakan keinginanmu untuk banding.

Oke itulah 5 Hal yang harus kamu ketahui soal kebijakan UKT ini, jika kamu punya pendapat atau unek-unek soal UKT kirimkan komentar dibawah. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "5 Hal yang Harus Kamu Tahu soal UKT"

  1. Mengisi form penghasilan orang tua 1juta. Ternyata dapat UKT 5,5jt/semester. UNNES ngaco ya dalam menentukan UKT mahasiswa barunya. Ini terjadi dg adik saya yang mau masuk ajaran baru 2016/2017 nanti. Adakah yg bisa memberi info detail prosedur dan jadwal untuk meminta pengajuan keringanan biaya UKT?? Thanks for answering. Thx for the helpful information including through this article.

    BalasHapus
  2. Mengisi form penghasilan orang tua 1juta. Ternyata dapat UKT 5,5jt/semester. UNNES ngaco ya dalam menentukan UKT mahasiswa barunya. Ini terjadi dg adik saya yang mau masuk ajaran baru 2016/2017 nanti. Adakah yg bisa memberi info detail prosedur dan jadwal untuk meminta pengajuan keringanan biaya UKT?? Thanks for answering. Thx for the helpful information including through this article.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. apa saja langkah banding ukt. ?

    BalasHapus
  5. Tolong , ukt yg dijatuhkan kepada saya sangat membebani ortu .bagaimana cara banding ukt dalam semester awal ini dan semester setelahnya

    BalasHapus
  6. Bagaimana langkah untuk banding ukt? Karna menurut saya, ukt yang dijatuhkan untuk adik saya tidak sesuai dg penghasilan orang tua. Mohon penjelasan.

    BalasHapus
  7. Gimana cara dapatkan UKT terendah...

    BalasHapus
  8. Apasaja syarat-syarat untuk pengajuan keringanan UKT? Mohon dibantu. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus