Ini 7 Hal yang Harus Kamu Buang Jika ingin Berwirausaha


Dalam tulisan sebelumnya yang berjudul Mahasiswa enggan berwirausaha, telah menjelaskan kenapa para mahasiswa dan sarjana enggan memulai untuk berwirausaha.

Jika kamu memang tidak punya keinginan untuk berwirausaha saya sarankan tidak perlu membaca artikel ini sampai selesai karena maksud kita memposting 7 alasan ini adalah agar anda menghindarinya dan membuang jauh-jauh.

Ini 7 Hal yang Harus Kamu Buang Jika ingin Berwirausaha

1. Kurang Komitmen

Kurangnya komitmen para pengambil keputusan didunia pendidikan untuk membekali peserta didik tentang kewirausahaan. Setidaknya aktivitas kewirausahaan sebagai aktivitas ekstrakurikuler dengan mendirikan pusat - pusat pemberdayaan wirausaha muda di sekolwah – sekolah menengah.

Di negara - negara maju banyak sekali berdiri organisasi kewirausahaan untuk para pemuda (young entrepreneurship’s organization).

2. Tidak ada Motivasi

Serangkaian proses pendidikan formal dari SD hingga SMA bahkan Kuliah tidak pernah memberikan motivasi agar peserta didiknya mempunyai komitmen yang kuat untuk menemukan atau menciptakan sesuatu yang baru.

3. Gagal bentuk jati diri

Proses pendidikan selama 16 tahun (SD - Perguruan Tinggi) ternyata tidak mampu memotivasi seseorang untuk mengenali jati diri.

4. Plan yang Kurang

Selama proses pendidikan tersebut, peserta didik tidak diberikan suatu arahan atau bimbingan bagaimana ia mampu merumuskan keadaannya di masa depan, ingin menjadi apa dan bagaimana ia mampu meraih apa yang di inginkannya tersebut.

5. Kebanyakan Teori

wirausaha sedikit teori
yang terpenting adalah praktek

Kesenjangan antara teori dan praktek dalam proses pendidikan formal. karena dari SD sampai Kuliah kita lebih banyak mempelajari ilmu tentang teori.

6. Kurang Bertindak

Menurut Kiyosaki, orang berpendidikan tinggi sering terkena penyakit yang dikenal sebagai “Kelumpuhan Analisis”. Tak henti – hentinya mencoba mencari kebenaran tanpa disertai tindakan. Mental pandai, tapi emosi dan fisik mereka lumpuh.

7. Perasaan malu. 

Mahasiswa dan sarjana malu memulai usaha dari kecil. "masa sarjana jualan bakso dll" merupakan cibiran yang bakal ditemui ketika kita memulai usaha baru.

7 faktor mengapa sarjana kurang memiliki semangat berwirausaha diatas pernah dimuat di dalam bukunya M Musrofi tentang “ KUNCI SUKSES BERWIRAUSAHA.

Baiklah setelah anda tahu faktor kenapa anda terutama para sarjana enggan untuk berwirausaha, mulai sekarang jika ada keinginan untuk berwirausaha, plan dari sekarang tidak perlu malu, usaha mulai dari kecil dan tekuni. selamat berwirausaha...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini 7 Hal yang Harus Kamu Buang Jika ingin Berwirausaha"

Posting Komentar