6 Tips Cara Lengkap Daftar SBMPTN 2015


Halo kawan-kawan yang mau lulus SMA, gimana sudah selesai kan UN kemarin, hmm pasti udah agag lega nih.

Jika sobat kemarin ikut SNMPTN tapi gagal jangan menyerah guys, karena untuk masuk perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia bukan hanya jalur SNMPTN aja tapi ada beberapa jalur salah satunya SBMPTN.

SBMPTN merupakan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, bagi kamu yang ingin masuk lewat jalur ini

Berikut 5 Tips Cara Lengkap Daftar SBMPTN 2015;


1. Siapkan Persyaratan pendaftaran SBMPTN

Buat kamu yang baru lulus tahun ini cukup menyiapkan Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang dibubuhi informasi jati diri, foto terbaru, dan cap yang sah dari sekolah.

Selain itu SBMPTN 2015 dapat diikuti oleh pelajar SMA hingga mereka yang lulus sejak dua tahun lalu, yaitu lulusan 2013 dan 2014.

2. Pendaftaran online

Untuk mendaftar online, kamu harus membuka laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id. Pendaftaran online akan dibuka mulai mulai 11 Mei pukul 08.00 WIB sampai dengan 29 Mei pukul 22.00 WIB.

3. Pilihan kampus dan prodi

Kamu memilih dua prodi atau lebih, maka salah satu kampus yang dipilih harus berasal dari provinsi yang sama dengan SMA-mu.

Jika kalau hanya memilih satu prodi, kamu bisa memilih PTN mana pun di seluruh Indonesia.

Sementara, kampus lainnya bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. jadi jangan salah pilih ya.

4. Ujian tertulis

Ujian tertulis terdiri dari tiga tes, yaitu Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Saintek, dan Tes Kemampuan Dasar Soshum.

Namun, jika prodi yang kamu pilih dari kedua kelompok tersebut, maka kamu akan mengikuti ujian campuran.

5. Ujian keterampilan

Bagi kamu yang memilih prodi olahraga, kamu akan menjalani pemeriksaan kesehatan, tes kesegaran jasmani, dan keterampilan dasar olahraga.

Ujian Keterampilan diikuti oleh peserta yang memilih prodi seni dan olahraga. Untuk kamu yang memilih prodi seni, akan mengikuti ujian yang terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan seni.

6. Biaya SBMPTN

Kamu harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100 ribu untuk mengikuti SBMPTN 2015. Biaya ini bisa kamu bayarkan melalui Bank Mandiri atau Bank BNI.

Pembayaran dapat kamu lakukan setelah mendapatkan kode pembayaran pada slip biaya seleksi setelah melakukan daftar online terlebih dahulu.

Itulah 5 Tips cara lengkap 5 Tips Cara Lengkap Daftar SBMPTN 2015, semoga kamu sukses, jangan lupa bagikan info bermanfaat ini kepada teman kamu.

Baca Juga; Jadwal Penting  SBMPTN yang Harus Kamu Catat




Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "6 Tips Cara Lengkap Daftar SBMPTN 2015"

  1. terima kasih infonya
    ini yang dicari info pendaftaran sbmptn tahun ini
    artikel sip

    BalasHapus