Syarat Penentu Kelulusan UN Online 2015


Dibandingkan tahun sebelumnya, UN kali ini bukan lagi menjadi ukuran kelulusan tapi hanya sebagai pengukuran untuk pemerataan pendidikan. Lulus atau tidaknya seorang peserta didik, akan dinilai oleh sekolahnya.

"Jika sekolah menyatakan lulus, maka peserta didik tersebut akan mendapatkan sertifikat dari negara. Namun, jika seorang peserta didik dirasa kurang dalam pencapaiannya, maka bukan sekolahnya yang diulang, namun pendidikannya,” kata Menteri Pendidikan Nasional, Anies Baswedan, Minggu (12/4) seperti dilansir Harian KorJA.
un online 2015

Sementara itu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhamad Nuh mengatakan kebijakan pemerintah yang tidak menjadikan UN sebagai syarat kelulusan bakal berdampak pada kualitas pendidikan nasional.

“Di satu sisi UN tidak menjadi syarat kelulusan bagi siswa SMA, tapi sisi lain menjadi syarat masuk PTN (Perguran Tinggi Negeri),” katanya pada sebuah seminar yang diselenggarakan BEM Pasca Sarjana Univeristas Negeri Semarang (Unnes), Semarang seperti dilansir harian Suaramerdeka.

Menurutnya,  syarat kelulusan menjadi penting untuk mengukur sejauh mana mutu siswa di sekolah sesuai mata pelajaran yang dinilai. Sebab, jika dewan guru yang menentukkan kelulusan, hanya akan mengajarkan apa yang diketahui siswa. “Jika kebijakan UN dikembalikan penuh pada sekolah hanya mengajarkan apa yang diketahui siswa, tapi tidak pada apa yang harus diketahui,” katanya.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syarat Penentu Kelulusan UN Online 2015"

Posting Komentar