Rektor Unnes: Keilmuan di NU sangat Luar Biasa


“Keilmuan di NU luar biasa, bahkan di perguruan tinggi tidak ada."

Itulah ungkapan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Dr Fathur Rokhman M.Hum, seperti dilansir laman NU Jateng, ia menyampaikan bahwa ilmu yang dimiliki kyai-kyai Nahdlatul Ulama (NU) sangat luar biasa.

"Hal ini lantaran ilmu yang disampaikannya selalu berdasarkan pada sumber yang jelas." ungkap rektor dalam acara “Lailatul Ijtima’ & Peringatan Harlah NU Ke 89” di Gedung PWNU Jateng, Jalan dr Cipto 180 Semarang, Rabu malam (4/2).

Rektor Unnes (kanan) Foto; nujateng.com

"Di NU dalam mengambil sumber keilmuan sangat jelas, sementara di perguruan tinggi seringkali tidak,” terangnya

Menurut pria kelahiran Banyumas 10 Desember 1966 itu, tradisi keilmuan di perguruan tinggi belum dianggap ideal karena “orang kampus” sering kali mengutip pendapat seseorang tanpa disertai bukti yang menunjukkan bahwa pendapat itu benar-benar pernah disampaikannya atau biasa disebut dengan sanad.

Berbeda dengan tradisi keilmuan di perguruan tinggi, orang-orang NU ketika menyampaikan pendapat maka transmisinya jelas.

Misalnya kyai mengutip hadis nabi Muhammad, maka kyai itu bisa menjelaskan dari siapa hadis itu didapat hingga sampai pada sumbernya langsung. “Orang NU mengutip hadis maka harus menyebutkan sanadnya, kebenarannya didasarkan pada pembuktian ilmiah,” imbuhnya.

Alumnus S-3 Universitas Gajah Mada (UGM) itu, dari Beberapa pengalamannya dalam menguji tesis atau disertasi,  kerap menjumpai beberapa mahasiswa yang mengutip pendapat seorang pemikir, namun setelah ditanya sumbernya tidak bisa menunjukkan.

“Di perguruan tinggi, sering terjadi seseorang menyampaikan pendapat A, seumpama, setelah saya tanya, kamu dari mana ngambil ini? Dia jawab, dari tesisnya ini pak. Ini potret di perguruan tinggi.

Mengutip pendapat orang bukan dari sumbernya langsung, melainkan dari orang lain, dan hanya didasarkan pada prinsip kepercayaan, bukan pembuktian ilmiah. Belum lagi plagiasi. Di perguruan tinggi sering terjadi hal seperti ini. Tapi di NU tidak,” tutupnya.

Kiriman Syaifur Rohman Diolah dari berita NU Jateng.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rektor Unnes: Keilmuan di NU sangat Luar Biasa"

Posting Komentar