Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga baru Diluncurkan


Direktorat yang sebelumnya bernama Direktorat Keayahbundaan, oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diganti nama menjadi Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga akan berada di bawah Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas. Struktur ini telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan nomor 11 tahun 2015.

Direktorat tersebut akan memiliki empat subdirektorat, yakni Program dan Evaluasi, Pendidikan Bagi Orangtua, Pendidikan Anak dan Remaja, serta Subdirektorat Kemitraan.

Nama Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga itu sendiri dipilih atas masukan dari berbagai pihak dan diskusi dengan kelompok terfokus.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga baru Diluncurkan
Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga baru Diluncurkan
Ella Yulaelawati selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (Ditjen PAUDNI) menyatakan sebelumnya, nama Direktorat Keayahbundaan menuai pro dan kontra.

Sekarang, dengan nama Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga dinilai lebih tepat, sebab tak hanya memberikan ruang bagi orang tua utuh tapi juga orang tua tunggal.

Seperti dilansir MetroTv, Ia juga mengaku telah menjaring masukan dan melakukan curah pendapat dengan akademisi, komunitas, penggiat pendidikan keorangtuaan, dan beberapa pihak yang terkait.

Anies Baswedan selaku menteri pendidikan dasar dan menengah mengatakan Direktorat Keayahbundaan menjadi tempat bertemunya semua ilmu yang juga dipromosikan oleh kementerian lain. "Ibaratnya, direktorat keayahbundaan ini simpul bagi direktorat lain bukan justru kompetitor,"

Ia juga  mengakui semua ilmu itu akan menjadi program di direktorat yang mengurus orang tua. Namun ia menganggapnya sebagai salah satu kolaborasi antar kementerian. Seperti dilansir harian Tempo.

Kemendikbud akan menyerap semua ilmu itu dan menyampaikannya kepada anak-anak melalui orang tua mereka di direktorat itu. "Masalahnya, yang memiliki fasilitas untuk menyampaikan ilmu itu kami, karena adalah sekolah. Melalui sekolah itu, orang tua bisa diberi penyuluhan untuk juga disampaikan kepada anaknya ," katanya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga baru Diluncurkan"

Posting Komentar