Profil Pendidikan Matematika Unnes


Profil Pendidikan Matematika Unnes Bermula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Diponegoro tahun 1961 s.d. 1965 sebelum Unnes ada dengan Jurusan Ilmu Pasti.

Sejak tahun 1982 Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA). Sampai tahun 1999 Jurusan Pendidikan Matematika terdiri atas Program Studi Pendidikan Matematika S1 dan Program Studi Matematika S1.

Setelah berubahnya IKIP jadi Unnes pada tahun 1999, maka FPMIPA juga berubah menjadi FMIPA dan Jurusan Pendidikan Matematika berubah menjadi Jurusan Matematika terdiri atas Program Studi Pendidikan Matematika S1, Program Studi Matematika S1, dan Statistika Terapan dan Komputasi D3.

Akreditasi Pendidikan Matematika Unnes adalah A, dengan SK BAN-PT No. 025/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XI/2010 tanggal 12 November 2010, dan berlaku sampai dengan 12 November 2015.
Pendidikan Matematika Unnes
lab matematika (foto; matematika.unnes.ac.id)

Fasilitas Pendidikan Matematika Unnes

Pendidikan Matematika mempunyai empat laboratorium, yaitu Laboratorium Dasar (Workshop) & Microteaching, Laboratorium Komputasi, dan Laboratorium Multimedia & Pengembangan yang sudah banyak menghasilkan banyak media pembelajaran matematika dan produknya sudah banyak dipesan oleh sekolah-sekolah. Buku-buku yang menunjang proses pembelajaran tersedia Perpustakaan jurusan Matematika

Prebedaan jurusan Pendidikan Matematika di unnes dengan universitas lain, yakni Memiliki mata kuliah workshop pendidikan matematika, yang terdiri dari workshop pendidikan matematika 1, workshop pendidikan matematika 2, dan workshop pendidikan matematika 3 sebagai mata kuliah pilihan.

Selain kuliah mahasiswa juga dibekali Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baik dalam bidang akademik, seni dan budaya, olahraga, humaniora, dan sebagainya. Mahasiswa dapat memilih dan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Hima Matematika sendiri punya 5 departemen yaitu Departemen Penalaran, Departemen Bakat Minat, Departemen Advokasi dan Kesejahteraan, Departemen Pengabdian pada Masyarakat, Departemen Penelitian dan Pengembangan Organisasi, Mathematics Study Club (MSC), The MATe (Mathematics Adventure Team), MCC (Mathematics Computing Club), MEC (Mathematics English Club), SIGMA (Study Islamic Group of Mathematics, MJC (Mathematics Journalist Club)
, KIM (Karya Ilmiah Matematika).

Kompetensi Lulusan Pendidikan Matematika Unnes

Kompetensi yang dimiliki oleh liulusan Prodi Pendidikan Matematika adalah mampu menjadi

  1. guru matematika di sekolah SMP dan SMA/SMK baik berstandar nasional maupun internasional.
  2. dosen matematika di Perguruan Tinggi.
  3. menjadi Fasilitator di Lembaga Pendidikan non formal (bimbingan belajar, les privat, lembaga kursus, dan lain-lain).
  4. menjadi pegawai bank.
  5. peneliti di bidang pendidikan matematika
  6. penulis buku matematika.


Mata kuliah matematika 145 SKS yang selama 8 semester dengan subjek-subjek kuliah yang dipelajari meliputi kelompok bidang keahlian pendidikan yang terdiri dari kurikulum matematika sekolah dan pembelajarannya, pembelajaran kreatif dann inovatif, asesmen pembelajaran matematika, praktik pembelajaran berbasis teknologi, pengembangan media pembelajaran, penelitian pendidikan matematika, praktek pembelajaran di sekolah, kelompok bidang keahlian aljabar, analisis, statistika, dan komputasi. Pendekatan pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis pembelajaran kreatif inovatif dengan memanfaatkan teknologi komputasi dan informasi, serta berpusat pada mahasiswa.

Untuk informasi seputar info pendaftaran Pendidikan Matematika Unnes sampai biaya Pendidikan Matematika Unnes bisa menghubungi alamat dibawah;

Jurusan Matematika FMIPA Unnes, Kampus Unnes Sekaran Gedung D7 lt 1, Jl. Raya Sekaran Gunungpati Semarang 50229
Telp./fax. (024)8508032
Email: matematika@unnes.ac.id
Website: http://matematika.unnes.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Pendidikan Matematika Unnes"

Posting Komentar