Profil Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes


Prodi atau Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes bernaung di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), yang sebelumnya pada tahun 1982 bernama Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS).

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia unnes sendiri didirikan khusus untuk mendidik dan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang siap terjun menjadi guru bahasa Indonesia di jenjang pendidikan SMP dan SMA,

Bukan hanya sebagai pengajar lulusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia unnes juga bisa menjadi guru bahasa Indonesia bagi penutur asing, peneliti, praktisi, dan penulis/penyunting buku bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Bahkan saat ini para alumni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes, selain sebagai guru dan dosen Bahasa dan Sastra Indonesia, juga banyak bekerja dalam bidang pekerjaan/profesi yang lain yang masih relevan, seperti menjadi jurnalis/wartawan, praktisi bahasa, penulis/penyunting.

Kegiatan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes
Kegiatan mahasiswa diklasifikasikan dalam 6 bidang, yaitu bidang Pendidikan, Bakat dan Seni, Luar Negeri, Dalam Negeri, Sosial, dan Kerohanian Islam.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi PBSI diorganisasikan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan dibantu oleh pengelola jurusan.

Kegiatan lain yang melibatkan peran mahasiswa secara aktif, ialah ekstrakurikuler Jurnalistik, Multimedia, dan Teater dan Film. Selain melatih sikap berorganisasi, kegiatan ektrakurikuler tersebut juga merupakan aplikasi dari teori dalam mata kuliah yang diajarkan, misalnya mata kuliah Jurnalistik, Media Pembelajaran, dan Pementasan Drama.

Berikut prestasi yang berhasil ditorehkan oleh mahasiswa jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia unnes ialah;

  • Nana Riskhi Susanti, Penyair Panggung Terbaik II Se-Asia Tenggara, 2011;
  • Meina Febriani, Juara I Sayembara Penulisan Proposal Pengajaran Tingkat Nasional Pusat Bahasa Jakarta, 2011;
  • Angga Setiawan, Juara Favorit Lomba Penelitian Ilmiah Kementerian Pemuda dan Olahraga, 2011;
  • Shikhah Amna, Liliek Handoko dan Bhayu Anggita S, meraih medali perunggu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, 2011;
  • Orchida Septitya Trissatiti, Juara I Lomba Baca Puisi Gelar Budaya Jawa Tengah, 2011.


Pada penerimaan tahun SNMPTN tahun 2015 ini jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia unnes menjadi salah satu prodi yang banyak diminati mahasiswa.

Dilansir dari laman unnes per-tanggal 19 Maret 2015, akreditasi pendidikan bahasa dan sastra indonesia unnes adalah A (Amat Baik) berdasarkan S.K. BAN-PT Nomor 012/BAN-PT/Ak-XI/S1/VI/2008.

Gelar Lulusan adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd.). Untuk informasi mengenai info pendaftaran, kuota, dan biaya pendidikan bahasa dan sastra indonesia unnes bisa menghubungi alamat dibawah;

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung B1, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Kode Pos 50229,
Telepon/Faksimili 024-8508070,
email: bsi.unnes@yahoo.com
Website: http://indonesia.unnes.ac.id/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes"

Posting Komentar