6 Tips Ampuh Agar PKM Lolos


Program Kreativitas Mahasiswa atau disingkat PKM bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas iklim karya ilmiah di lingkungan mahasiswa.

PKM sendiri merupakan program unggulan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), dari berbagai program penelitian dan karya ilmiah yang diadakan, PKM agaknya menjadi program yang paling banyak diminati mahasiswa karena berbagai hal.

Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) menjadi puncak dari kegiatan PKM ini sekaligus prestis tersendiri bagi mahasiswa bahkan kampus, Selain faktor dana.

Berikut 6 Tips Ampuh Agar PKM Lolos

1. Memberikan inovasi

6 Tips Ampuh Agar PKM Lolos
inovasi (foto; e-learning)

Ini sangat penting bagi sebuah gagasan. Melakukan inovasi pada suatu mekanisme teknologi yang sudah ada dan menyempurnakannya lagi. Misalnya saja, sudah ada inovasi dulu untuk mengusir nyamuk dengan obat nyamuk semprot.

Ternyata ada berbagai kendala, misalnya saja berbahaya bagi pernafasan. Menginovasi teknologi tersebut dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk mengusir nyamuk bisa menjadi gagasan yang sangat inovatif.

2. Bermanfaat

Gagasan dari setiap kelompok yang disodorkan haruslah bermanfaat. Bermanfaat di sini artinya gagasan yang disodorkan mahasiswa haruslah menjadi kunci penyelesaian masalah di suatu daerah.

Gagasan yang inovatif dan kreatif menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan agar nilai kebermanfaatannya menyentuh sampai ke akar masalah yang diangkat.

3. Futuristik

Hasil dari suatu gagasan yang inovatif dan kreatif adalah futuristik. Adanya inovasi dari sebuah berbagai macam gagasan pendahulu disertai dengan proses kreatif untuk mengembangkannya akan menghasilkan gagasan final yang futuristik.

 Misalnya saja, saat ini sudah ada teknologi computer dan printer. Dengan inovasi dan kreativitas, bisa menghasilkan lagi computer yang sekaligus juga bisa menjadi printer yang lebih fleksibel dan mudah dalam penggunaan.

4. Referensi data

Untuk menunjang gagasan dibutuhkan referensi data. Mempertajam gagasan dengan dapat dilakukan dengan mendapatkan bahan dari berbagai referensi data yang ada.

Memanfaatkan jurnal, artikel atau penelitian yang sudah ada dapat mendukung tingkat inovasi dan tingkat reliabilitas dan validitas keberhasilan gagasan kita untuk mengatasi masalah.

5. Spesifik

Ide atau gagasan haruslah spesifik. Spesifik di sini adalah menyentuh suatu pokok permasalahan di suatu tempat. Misalnya bagaimana cara untuk mengatasi banjir di Jakarta.

Gagasan yang dikembangkan haruslah menjurus pada gagasan apa yang akan dikembangkan, bagaimana gagasan itu dilakukan, dan apakah bisa mengatasi dengan tepat masalah tersebut.

6. Ahli di Bidangnya

Untuk mengonsep suatu gagasan yang punya nilai kebermanfaatan tinggi, kelompok harus diisi oleh para ahli di bidangnya. Misalnya saja, ia membuat alat elektronik yang dapat mengusir nyamuk, maka kelompok harus diisi oleh para ahli di bidang elektronik.

Selain itu, kemampuan untuk memanajemen tim dan kemampuan leadership sangat membantu mengembangkan gagasan yang lebih inovatif dan kreatif.

Sebenarnya Ada banyak hal yang menjadi kriteria pasti dan wajib untuk bisa lolos seleksi PKM bahkan menuju Pimnas. 6 Tips Ampuh Agar PKM Lolos diatas merupakan tips dari Tommy Yuniawan, salah satu reviewer PKM Nasional.

Diolah dari; PortalKonseling.COM

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Tips Ampuh Agar PKM Lolos"

Posting Komentar