X Rohis, Dolanan Cabai dan Bersih Gunung


Jumpa lagi sobat, artikel ini merupakan Lanjutan dari komunitas X-Rohis, hmm kira-kira selain kumpul diskusi dan bakti sosial apa lagi ya yang komunitas X-Rohis lakukan...

Ternyata selain ada bersihbersih gunung, bersih-bersih candi, X-Rohis juga menggelar kegiatan budaya berupa dolanan lombok. Khusus untuk dolanan lombok, kegiatan budaya dilakukan dengan mengelilingi Kelurahan Sekaran dengan menenteng replika cabai dalam bentuk besar.

Tak hanya di situ, ketika dolanan lombok itu digelar, para anggota komunitas dibebaskan menggunakan kostum sesukanya dan membagibagikan cabai kepada masyarakat sekitar.
Bersih-bersih gunung (ilustrasi foto; kompasiana)

Cabai-cabai yang dibagikan hasil beli dari warung. “Untuk dolanan lombok, sebenarnya konsepnya asalasalan. Sebelum keliling kita beli cabai sebanyak 10 kilogram untuk dibagikan. Saat itu memang harga cabai sedang naik.

Kami ingin menyampaikan, meski harga mahal namun budaya masyarakat Jawa Tengah yang cenderung memiliki rasa pedas jangan sampai hilang,” ucap Afiv.

Setelah sekian tahun terbentuk, kini jumlah anggota komunitas itu mencapai 50-an orang lebih.
Meski sejumlah anggota mereka tak lagi menimba ilmu di perguruan tinggi, mereka tetap aktif di komunitas tersebut. Minimal dua pekan sekali komunitas itu menggelar ajang kumpulkumpul dan diskusi kecil dengan beragam topik.

Dari berbagai kegiatan yang digelar, akhirnya juga menarik minat dari berbagai kalangan. Salah satunya masyarakat umum yang ingin bergabung ke dalam komunitas itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "X Rohis, Dolanan Cabai dan Bersih Gunung"

Posting Komentar