Hati-Hati dengan Modus Penipuan Seminar


Unnes NET - Kembali terjadi modus penipuan berupa seminar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) yang sebelumnya juga pernah terjadi dilingkungan kampus Unnes.

Setelah lama tiduk beraksi, pelaku kini mulai beraksi kembali dengan menyasar para mahasiswa.

Seorang mahasiswa kelahiran Banyumas bernama Sugesti Yoan Ahmad Yani (18)  harus kehilangan uang senilai Rp 1.650.000 pada Senin (12/01), sekitar pukul 07.30 WIB.

Hal itu bermula saat Yoan menerima telepon. Yoan yang tidak tahu nomor tersebut lantas menjawabnya. Saat itu ia terkejut lantaran orang di ujung telepon yang mengaku sebagai rektor Unnes yang memberitahukan bahwa tanggal 17 dan 18 Januari 2015 akan ada seminar di Jakarta dan meminta menemaninya dalam seminar tersebut.
Hati-Hati dengan Modus Penipuan dari telpon tentang Seminar (ilustrasi; blogspot) 
"Pagi-pagi ada telepon dari nomor tak dikenal, waktu saya angkat orang itu mengaku Pak Rektor," ujarnya seperti dilansir Merdeka.

Ia juga menambahkan "Katanya akan ada dana dari Dikti sebesar Rp 5 juta dan meminta menransfer uang Rp 1.650.000. Bilangnya untuk beli tiket pesawat dan akan diganti oleh Dikti," lanjutnya.

Setelah Transfer Yoan berusaha menanyakan terkait seminar tersebut. Pihak Unnes mengatakan tidak pernah ada seminar di Jakarta seperti yang dimaksud oleh orang yang mengatasnamakan rektor Unnes tersebut.

Sadar menjadi korban penipuan, Yoan kemudian langsung melaporkan kasus penipuan itu ke Mapolrestabes Semarang Jalan Dr Soetomo, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Untuk mahasiswa unnes agar selalu berhati-hati dengan segala macam bentuk penipuan. Jika mendapati hal serupa sebaiknya dikonsultasikan dulu @Red

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-Hati dengan Modus Penipuan Seminar"

Posting Komentar