Berita Unnes Terpopuler Sepanjang Tahun 2014


Unnes - Apa kabar sobat Unnes? Setelah melewati liburan hari tenang menjelang ujian, pasti sobat sudah semangat lagi untuk ujian semester besok.

Masih suasana tahun baru UnnesNet kali ini akan mencoba mengulas peristiwa apa saja yang terjadi dikampus kita sepanjang tahun 2014 mulai bulan januari sampai desember.

Berbagai peristiwa unnes menjadi trending dimedia massa salah satunya kisah Raeni anak tukang becak Wisudawan Terbaik sekaligus menjadi berita nasional terheboh dan populer 2014.
(Baca; 10 berita nasional terheboh dan populer tahun 2014)

Selain itu perseteruan pilrek juga menghiasi media massa nasional, sampai berita penjambretan yang dikeroyok massa.

Berikut redaksi UnnesNet merangkum peristiwa terpopuler tentang Unnes sepanjang tahun 2014

Januari 

Unnes Sediakan 6.340 Kursi Mahasiswa Baru
pendaftaran mahasiswa baru unnes
penerimaan mahasiswa baru 2014 (foto; laman unnes)
Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyediakan 6.340 kursi dalam penerimaan mahasiswa baru 2014. Kursi sebanyak itu bakal diperebutkan lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Undip Ungguli Unnes untuk kampus Berwawasan Lingkungan Indonesia

Universitas Diponegoro berhasil menduduki rangking 47 tingkat dunia sebagai kampus berwawasan lingkungan, Jumat (17/1/2014). Hal itu berdasarkan rangking Greenmatric 2013. Adapun untuk urutan universitas di Indonesia, Undip menempati rangking ke 3 setelah Universitas Indonesia dan IPB dengan skor 6,172, dan Universitas Negeri Semarang di peringkat ke-48 menempati rangking 4 dengan skor 6,165. (sumber)

Februari

Seorang Mahasiswa Unnes Meninggal di Lereng Gunung Ungaran

 Seorang Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Negeri Semarang bernama M Humam Khaulani, 20, warga Desa Kaligelang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, tewas saat mengikuti diklat di lereng Gunung Ungaran tepatnya di Kebun Teh Medini Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

Sesuai informasi yang dihimpun, korban meninggal karena kelelahan dan kekurangan cairan tubuh serta hypotermia, saat hendak long march dari Medini Limbangan menuju Kampus Unnes Gunungpati Semarang, Minggu (9/2/2014) lalu. (sumber)

Maret

Ketua KPK Beri Kuliah di Unnes
seminar kpk di unnes
KPK diskusi pemberantasan antikorupsi di Unnes. (Foto: dokumentasi Unnes)
Perilaku korupsi yang menjamur di Tanah Air membuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin gencar melakukan sosialisasi terhadap masyarakat, tidak terkecuali kampus yang menjadi pencetak generasi penerus. Universitas Negeri Semarang (Unnes) pun tidak lepas da
ri program tersebut.

Dalam seminar nasional bertajuk "Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia" itu, Ketua KPK Abraham Samad mengaku prihatin perilaku korupsi yang seakan-akan tidak pernah berhenti. Selain bentuknya yang semakin beragam, pelaku korupsi pun semakin luas, hingga yakni mereka yang berusia di bawah 40 tahun. (sumber)

April

Unnes Siapkan 180 Petugas untuk Pindai 1,5 Juta LJUN

Pada bulan ini, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA resmi digelar. Dalam ajang tahunan tersebut, perguruan tinggi pun ikut ambil bagian dengan menjadi tempat pemindaian bagi lembar jawaban UN (LJUN).

Salah satu perguruan tinggi yang mendapat tanggung jawab tersebut ialah Universitas Negeri Semarang (Unnes). Memenuhi tugas ini, Unnes akan mengerahkan 180 petugas untuk memindai 1.496.272 lembar jawab Ujian Nasional (UN) SMA/SMK. (sumber)

Mei

SNMPTN 2014, Unnes Jadi Kampus Favorit ke-6 Se-Indonesia

Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi kampus negeri terfavorit ke-6 se-Indonesia sebagai data pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014. Ini berarti, PTN eks-IKIP tersebut merupakan salah satu kampus paling diminati di Indonesia.

Sekadar informasi, enam PTN favorit di Indonesia secara berturut-turut adalah Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Brawijaya (UB), dan Unnes (sumber)

Juni

Calon Rektor UNNES Saling Lapor Polisi  

Pemilihan Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) berbuntut panjang. Dua kubu calon rektor saling melapor ke Kepolisian. 

Kandidat Rektor Universitas Negeri Semarang Supriadi Rustad melaporkan Rektor UNNES yang juga mencalonkan lagi, Fathur Rokhman, ke Polrestabes Semarang. Supriadi menyatakan Fathur Rakhman telah mencemarkan nama baik dirinya karena telah mengirim surat kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh yang isinya membuat pernyataan palsu tentang status kepegawaian. (sumber)


Ribuan pasang mata serentak mengarah pada Raeni, Selasa 10 Juni 2014. Wisudawan dari Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Unnes ini tiba ke lokasi wisuda dengan kendaraan yang tidak biasa.

Dia diantar oleh ayahnya, Mugiyono, menggunakan becak. Iya, dia dibawa menggunakan becak. Ayah Raeni memang bekerja sebagai tukang becak yang setiap hari mangkal tak jauh dari rumahnya di Kelurahan Langenharjo, Kendal, jawatengah.

Juli

Masih Berpolemik, Pemilihan Rektor Unnes Batal Digelar

Kisruh Pemilihan Rektor Universitas Negeri Semarang sampai saat ini masih berlanjut. Pemilihan yang sedianya dijadwalkan pada tanggal 3 Juli 2014 atau dua minggu setelah penyerahan berkas tiga nama ke Kemendikbud beserta visi-misi para calon batal digelar. 

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unnes, Sucipto Hadi Purnomo mengatakan proses pemilihan saat ini tinggal menunggu persetujuan antara pimpinan Senat Universitas dan Pimpinan Unnes. Untuk saat ini, karena tengah terjadi pergolakan, panitia tidak diberikan kewajibannya menuntaskan surat-menyurat.  (baca lengkap)

Agustus

Pejambret Satpam Unnes Tewas Dimassa

Seorang penjambret tewas dihajar massa, setelah merampas handphone milik seorang satpam Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Fakultas Teknik Unnes.

Kanit Reskrim Polsek Gunungpati Ipda Agus Suseno mengatakan, pelaku melakukan perampasan sekitar pukul 20.15 WIB. Saat itu, pelaku mendatangi satpam, yakni Agus Setiawan (25), warga Tinjomoyo Barat, Rt1/8, Sukorejo, Gunungpati yang sedang santai atau tidak bertugas.

Pelaku penjambret meninggal dengan luka di seluruh bagian tubuhnya. Luka terparah diderita pelaku di bagian kepala. Hingga berita ini diturunkan, identitas dari pelaku perampasan belum diketahui. Jenazahnya diautopsi di Kamar Mayat RSUP Dr Kariadi Semarang. (sumber)

September

alam Rapat Pleno Senat Pemilihan Rektor Unnes periode 2014-2018 (photo;unnes.ac.id)

Setelah polemik pemilihan rektor Unnes lalu, yang berakibat pada diulangnya pemilihan rektor Unnes.

Akhirnya kemarin Senin (29/9) Prof Fathur Rokhman MHum terpilih menjadi Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) periode 2014-2018, dengan memperoleh 59 suara dari 107 suara senat dan kementerian.


Sebanyak 2.726 Mahasiswa akan mengikuti Wisuda periode ke 3 yang akan dilaksanakan bulan oktober 2014.

Karena wisudawan yang membludak wisuda bulan oktober ini akan dilaksanakan selama 2 hari tidak seperti sebelumnya, yakni pada Selasa dan Rabu (7 dan 8 Oktober 2014) di Auditorium Unnes Pusat. 

Oktober

144 Atlet Panjat Tebing Se-Indonesia ikut LPDN4
lpdn mahapala unnes
LPDN4 Mahapala Unnes 2014 (foto;fb mahapala)
 Acara yang diadakan Mahapala Unnes ini diikuti sebanyak 144 atlet panjat dinding dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Lomba Panjat DInding Nasional (LPDN) IV untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp32 juta.

LPDN4 ini resmi telah dibuka pada Kamis (16/10) di arena wall climbing Unnes samping PKMU, kampus Unnes Sekaran, Gunungpati, Semarang.  LPDN Mahapala ini sendiri diagendakan 2 tahun sekali pada semester genap.

November

Unnes inagurasi 2014 rencananya digelar pada hari rabu (5/11) jam 14.00 WIB, diselenggarakan Oleh Forum UKM (FUKM) yakni forum bagi mahasiswa antar UKM.

Selain Last Child acara Unnes Inagurasi 2014 nantinya juga akan diramaikan band-band lokal Unnes yang sudah terkenal pastinya seperti Nde Luck, Pinkle Standing, Brass Unnes Midnight.

Desember

Mahasiswa Kritik Penebangan di Area Kampus Sekaran

Hutan disepanjang jalan gerbang masuk dan keluar Unnes sebagian tinggal puing-puing batang kayu yang tertumpuk. Hutan di area kampus sekaran yang menjadi salah satu ikon kampus konservasi dibeberapa tempat ditebang untuk pembangunan gedung baru.

Kritik mahasiswapun tak bisa terelakkan, kali ini kritik mahasiswa disampaikan lewat coretan di sepanjang jalan keluar dari kampus Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Itulah peristiwa seputar Unnes yang menjadi trending topik sepanjang tahun 2014. Teringat, kata-kata Bung Karno kepada rakyat Indonesia pada setiap pidatonya, “Jangan sekali-kali melupakan sejarah”
Berita diatas sebagai refleksi Unnes selama satu tahun, semoga di tahun baru 2015 unnes semakin baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita Unnes Terpopuler Sepanjang Tahun 2014"

Posting Komentar