10 Kerja Sampingan di Sekitar Unnes


Pasti kawan-kawan pernah berpikir tentang bisnis atau kerja sampingan mahasiswa apa yang bisa dilakukan di sekitar unnes, disamping bisa menambah uang saku juga tidak mengganggu kuliah.

Jika sobat sulit bisnisan, kawan bisa mencoba kerja sampingan dengan orang dahulu, gaji dari kerja sampingan bisa buat tambah uang saku atau membeli sesuatu.

Bahkan jika kerja sampingan sudah cukup untuk keperluan sehari-hari, malah kita tak perlu minta uang saku pada orang tua lagi.

Nah berikut 10 kerja sampingan mahasiswa di sekitar Unnes

1. Guru Ekstra Kurikuler

Guru Extra kurikuler Pramuka (minegeridoko.blogspot.com)
Jika kamu jurusan pendidikan dan pandai dalam mata pelajaran extra seperti pramuka, KSR, sispala atau jurnalistik kamu dapat gabung nih di sekolah yang membutuhkan.

Disamping buat link dan koneksi, kamu juga bisa banyak berlatih mengajar.

2. Jadi Guru Bimbel

Guru bimbingan belajar (wordpress.com)
Sudah mulai bnyak orang yang sadar akan pentingnya pendidikan membuat sebuah Bimbel menjamur, tarifnyapun bermacam-macam.

Kamu bisa ikutan ngajar di bimbel, biasanaya untuk bimbel SD kamu musti nguasai banyak mapel, tapi untuk bimbel UN atau SMA sobat bisa sesuai jurusan kok.

3. Pemain Musik

bermain Musik di cafe-cafe atau acara kampus (wordpress.com)
Suka main Musik tak ada salahnya kamu coba peruntungan dengan manggung di Kafe atau acara pensi HIMA atau bahkan Universitas. lumayan kan.

4. Guru Pembantu

Jangan sinis dulu terhadap guru pembantu atau pengganti, banyak lho di sekolah-sekolah yang butuh tambahan guru untuk mengajar pelajaran tertentu.

kamu bisa komunikasi dengan kepala sekolah untuk jadwal dll. sehingga tidak mengganggu kuliahmu.

5. Pelayan Kedai Kopi, Rumah makan

Pelayan kedai kafe atau restoran (gofaztrack.com)
Jika kamu sering banget nongkrong daripada tiap malemnya ke kedai kopi kerja aja disitu, atau kamu juga bisa kerja dirumah makan disekitar unnes juga.

6. Menulis Artikel, Makalah atau Skripsi

Penulis makalah skripsi (blogspot.com)
Suka menulis atau pandai menulis tulisan sistematis seperti menyusun makalah atau skripsi, wah kamu musti mulai coba tawarin pada teman kamu kamu bisa bantu temenmu ngerjain tugas atau skripsi, lumayan kan buat tambah-tambah jajan.

7. Penjaga Toko, laundry, Fotocopian

Penjaga toko (antarajateng.com)
Banyak fotocopian, toko dan laundry yang butuh karyawan sebagai penjaga atau kasir. lumayan buat tambah uang jajan.

8. Reseller Produk

blogger
Jika kamu ingin jualan produk sendiri pasti butuh modal uang, jika kamu tak punya modal uang jangan khawatir, kamu bisa reseller dengan menjualkan produk orang lain dan kamu dapat komisinya.

9. Model

fotografinet
Kamu suka foto-foto atau selfie saatnya mulai branding dirimu sebagai model, lumayan lho untuk sesi fotografi ringan-ringan saja sehari min 300-600 ribu.

10. SPG event

www.eventorganizerindonesia.co
Banyak lho event-even yang butuh tambahan SPG, jika kamu bakat dibidang ini kamu bisa cari-cari tuh lowongan SPG event. SPG even hanya krja kalo ada event tertentu aja, jadi jangan khawatir kuliahmu.

Itulah 10 Kerja Sampingan di Sekitar Unnes versi redaksi Unnes net secara umum. Pada tips mahasiswa selanjutnya redaksi UnnesNet akan memposting ide jualan mahasiswa maupun ide bisnis mahasiswa.

Jika tips ini bermanfaat bagikan pada teman kamu.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "10 Kerja Sampingan di Sekitar Unnes"

  1. Terimakasih informasinya... Mari saling berbagi informasi tentang unnes dan sekitarnya. Salam Hangat, Tim Redaksi www.sekitarunnes.com

    BalasHapus
  2. min apa ada loker sekitar unnes ya?

    BalasHapus