Tetapkan Visi (Sebelum) Kuliah


Sumber : http://tukartiub.blogspot.com/
Masa senantiasa terus melaju. Tanpa mempedulikan kondisi maupun memaklumi keadaan setiap orang. Terkadang ia bisa melaju pesat kala orang gembira. Sementara itu, bisa terasa lambat saat sedang sedih.
Menyia-nyiakan waktu luang merupakan sebuah kelalaian. Tak ayal ada ungkapan, “Time is Money”. Begitu halnya dengan seseorang yang tak memiliki orientasi dan visi dalam menjalani hidup. Terlebih bagi seorang agen perubahan, mahasiswa.

Merujuk KBBI, orientasi berarti peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dsb) yang tepat dan benar. Sedangkan visi merupakan pandangan atau wawasan ke depan. Keduanya sangat erat berkaitan dan penting untuk diperhatikan. Akankah kita dapat menjadi agen perubahan yang lebih baik tanpa mengetahui orientasi atau visi yang dapat dijadikan acuan untuk bersikap?

Sebagai agen perubahan -setidaknya untuk diri sendiri- sebuah orientasi dan visi yang jelas dalam hidup, kuliah pada khususnya, semestinya sudah dimiliki. Hal ini supaya tak menemui hal yang sia-sia.
Perjuangan mahasiswa sebagai aktivis, akademisi maupun intelektual dari masa ke masa telah banyak menghiasi perjalanan bangsa ini. Mahasiswa pada masa orde baru coba dibungkam, berlanjut hingga masa setelah rezim orde baru tumbang, kebebasan ditegakkan sampai gairah diskusi di lingkungan kampus meningkat pesat.

Mahasiswa pada masa reformasi turut menuntun peralihan sistem pemerintahan ke arah yang lebih demokratis. Mereka bisa bebas menyuarakan pendapat tanpa adanya ancaman dari pemerintah. Kemenangan yang sesuai harapan itu tentunya dibarengi dengan perjuangan yang tak lepas dari orientasi dan visi yang mereka pegang kuat. Inilah pentingnya visi dan orientasi yang jelas.

Pada akhirnya, pertanyaan yang mesti dapat dijawab oleh setiap mahasiswa, sudah jelaskah orientasi dan visi kita di kampus? Selamat datang Mahasiswa (Baru). Tetapkan visi serta orientasimu sebelum menapaki perjalanan ini lebih jauh.

Post by Rmm

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tetapkan Visi (Sebelum) Kuliah"

Posting Komentar