Orchida Septitya Trissatiti; Punya Tirakat Khusus Untuk Juara


Pada Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Nasional (Peksiminas) XII di Palangka Raya Kalimantan tengah setiidaknya Unnes bisa membanggakan diri karena dapat meraih 1 Tropi Emas dan 1 tropi Perak.

Yups.. siapa lagi kalau bukan mahasiswa yang akrab dipanggil Orchida ini. Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes inipun tidak semudahnya menjadi juara. Ada proses perjalanan panjang dan Tirakat Khusus lho.
Tirakat Khusus Orchida untuk jadi Juara (portalsemarang)

Penasaran apa saja tirakatnya, Berikut penuturan mahasiswa yang memiliki nama panjang Orchida Septitya Trissatiti seperti dilansir PortalSemarang

Tirakat apa sih mbak yang harus dilakukan untuk jadi Juara?

Saya melakukan latihan intensif setidaknya dilakukan 2-3 jam per hari. “bedah puisi” namanya dalam latihan itu saya membacakan dan pelatih mengevaluasi. Tiap baris harus saya ulangi hingga menemukan rasa yang tepat.

Saat sudah menjelang Peksiminas, saya harus mendisiplinkan diri. Selain lari pagi sebulan terakhir, saya juga menghindari es.

Selain itu Lari pagi harus saya lakukan untuk memperkuat vokal. Dalam beberapa sesi latihan, saya diberi tahu pelatih bahwa vokal saya belum kuat.

Siapa yang melatih dan mendampingi mbak Orchi?

Bapak Sendang Mulyana dan Nana Riskhi Susanti, adalah dua orang yang mendampingi saya untuk berproses. Bapak Sendang yang telah puluhan tahun membacakan puisi dan Nana Riskhi juga memenangi Peksiminas tahun 2010.

Apakah semua puisi bisa mbak Orchi bawakan?

Proses latihan membuat saya tahu, tidak semua puisi dapat ia bacakan dengan baik. Karakter vokal saya lebih cocok dengan puisi balada.

Puisi apa yang mbak Orchi bawakan?

Saat akan tampil di Peksiminas saya memutuskan untuk baca puisi Ziarah karya Sapardi Djoko Damono. Padahal sebelumnya saya ingin sekali membacakan Sajak Seorang Prajurit Karya Suminto A Suyuti.

Gadis kelahiran Pekalongan 13 September 1990 ini sudah mengakrabi puisi secara akademik sejak 2008. Namun, mendekatinya sebagai deklamator baru Orchida lakukan pada 2011.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Orchida Septitya Trissatiti; Punya Tirakat Khusus Untuk Juara"

Posting Komentar