20 Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa


Tak terasa udah tanggal tua nih? hmmm.. pasti sobat Unnes.NET udah pada sering liatin isi dompetnya nih..hehe..

Apalagi jika sobat mahasiswa dari luar daerah, yang pasti ngejalanin nih kehidupan anak kost.

Bagi anak kost jauh dari orang tua menjadi kepastian, beda dengan SMA dulu yang saban pulang sekolah kita bisa minta uang ortu.

Jika sobat dapat uang saku yang lebih tanggal tua tak jadi masalah, tapi bagi sebagian mahasiswa tanggal tua merupakan penyakit KANKER (kantong kering) bulanan yang selalu datang.

Nah, agar ditanggal tua sobat gag kehabisan uang saku berikut 20 Tips Cara Menghemat Uang Ala Mahasiswa:

20 Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa
20 Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa

1. Buat Daftar Skala Prioritas

Hal ini penting untuk menentukan kebutuhan mana yang harus sobat penuhi segera dan mana yang bisa ditunda. Sehingga kebutuhan dasar Anda tidak terlewatkan, jangan sampai Anda bisa membeli baju mahal, namun selanjutnya Sobat tidak makan selama seminggu,hehe...

2. Tahan Godaan Shoping dan Jeng-Jeng

Pas waktu baru dapet kiriman, pasti sobat seringkali pergi belanja maupun jeng-jeng, kadangkala pas liat barang bagus sobat ngebet beli padahal uangnya buat jatah sebulan. Biasanya sobat selalu berpikir "alah, sudahlah urusan ntar gampang."

Ujung-ujungnya sebelum jatuh tempo sobat bingung deh cari pinjeman sana-sini.. :D

3. Masak Sendiri

Jika kondisi kos yang sobat tempati memungkinkan, masaklah sendiri. Belilah rice cooker untuk menanak nasi sehingga sobat cukup ke warung untuk membeli lauknya saja.

Malah lebih irit lagi jika sobat bawa beras dari rumah sendiri,hehe..

4. Mencuci pakaian sendiri 

Jika kos sobat memiliki tempat untuk menjemur dan menyuci, cucilah pakaian sendiri, lumayan sobat bisa irit Rp. 3500 per kilonya, Lumayan buat tambahan makan.hehe.. belum lagi laundry harus menunggu waktu hingga 3-4 hari baru jadi.

5. Pulang Kuliah Langsung Balik Kost

Nah, jika sobat uangnya menipis, selesai kuliah sobat langsung balik kost saja, langsung tidur aja, tolak ajakan teman-teman secara halus, klo perlu jujur saja kalau kamu lagi KANKER, jika temenmu lagi ada siapa tahu dapat pinjeman, atau traktiran barangkali :D

6. Selalu Nebeng Temen

Jika kemana-mana kita selalu harus pake motor sendiri pasti boros di bensin, nah jika ada teman yang kebetulan bareng bonceng saja.

Bagi yang biasa ngangkot atau jalan kaki, saatnya cari ojek gratis aja, lumayan kan bisa hemat Rp. 2000 untuk angkot atau beli es, malah seringkali bisa dapet tebengan makan gratis juga :D

7. Bawa Bekal Sendiri

Bagi sobat cewe pasti udah biasa nih bawa ginian, dengan botol bermerk Kupperware atau apalah...namun sobat cowok pasti pada malu membawa bekal minuman atau makanan dari kost, nah caranya sobat cari botol Akua yang kosong diisi dengan air galon dikost. nah lebih hemat tho.. :)

8. Hunting Warung Murah

Jika sobat gag memungkinkan untuk masak, coba cari warung-warung murah, tanya pada kakak-kakak kost yang uda lama disini.

9. Berhenti Merokok

Jika merokok untuk gaya-gayaan mending berhenti deh,, lumayan tuh jika perhari sebungkus, perbungkusnya Rp. 15.000 kalikan saja selama sebulan, kamu bisa menghemat Rp. 450 ribu lhooo...

10. Biasakan Kalo Makan Bungkus

Bagi sebagian cowo pasti ada perasaan gag enak jika makan dibungkus, entah itu malu atau apa.. namun kamu bisa cari warung yang isinya cuma cowo. dengan bungkus kamu bisa sedikit lebih hemat.
Coba aja bungkus nasi rames atau sego kucing dua saja, cuma habis Rp. 4000 minumnya air putih dikost-an saja.hehe..

11. Bawa Uang Secukupnya

Jika di dompet masih banyak uang kuning atau biru, pasti godaan belanja atau beli sesuatu yang tidak perlu sebenarnya selalu muncul.

Selalu bawa uang seperlunya di dompet, simpan yang aman uang lebihannya, bisa juga dengan acara meminjamkan ke teman, lumayan investasi :)

12. Cari Traktiran

Hal ini mudah bagi sobat-sobat yang yang banyak digandrungi lawan jenis, cobalah mancing-mancing dengan pertanyaan menjurus agar dapet traktiran.

Agar sukses dapet traktiran, kenali dulu teman sobat, apakah dia bener-bener demen ma sobat, hmm.. pasti gag hanya nasi sepiring deh, gunungpun dia akan angkat untuk sobat...hehe..

13. Aktif Organisasi

Memang aktif organisasi mesti meluangkan banyak waktu, tenaga, dan pikiran, namun itu setara dengan yang didapatkan sobat, apalagi pas rapat, buat acara, dll pasti seringan ada makan bareng pake uang Organisasi alias Gratiss.

14. Ikut Seminar Gratis

Coba cari agenda apa dikampusmu yang tidak mengeluarkan uang alias gratis. Lumayan kan jika sobat dapat Snack ato bahkan makan gratis Prasmanan untuk kelas seminar nasional. hmm..

15. Sering-seringlah Maen Kerumah Teman

Jika sobat punya teman yang asli sini, yang pastinya gag kost dan hidup bareng orang tuanya. sering-seringlah maen atau silaturrahmi ketempatnya.

List teman yang rumahnya dekat sobat buat jadwal mainnya. wah bisa-bisa dalam waktu seminggu sobat bisa makan gratis terus. :D

16. Cari Teman yang Ulang Tahun

Jika ada temanmu yang Ultah mintai traktir, tapi jangan datang dengan teman sekampus,hehe.. Datanglah sendiri atau berdua pasti ditraktir, setahun sekali lho ya...

17. Beli Mie Instan Se-kardur

Disaat tanggal tua Mie instan bisa menjadi andalan, cuma Rp.2000 perbungkusnya jika seharian makan mie Instan kamu cukup mengeluarkan uang Rp. 4000.

Apalagi jika kamu langsung beli sekardus, bisa sekalian buat bisnis di kost nih jika ada teman yang membeli.

18. Kerja Sampingan

Jika sobat memang merasa uang sakumu tidak cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari sobat perlu sedikit usaha cari kerja sampingan.

Sobat bisa jadi pelayan diwarung kopi malam atau SPG Event yang waktunya tidak menumbuk kuliah.

19. Puasa Sunnah

Nah bagi kamu yang uda biasa puasa tak menjadi soal, kamu malah bisa mencoba puasa IRIT yakni Dawud sehari puasa-sehari tidak, Mintalah ijazah kyai atau ustad.

Untuk kamu yang belum biasa puasa cukup belajar dari senin-kamis saja. banyak lho manfaatnya (googling aja..hehe)

20. Menabung

Nah dari ke 14 tips diatas ini yang paling sulit. menabung disaat kebutuhan seabrek dan uang pas-pasan.
namun kamu bisa mencoba dengan menyimpan perhari duaribu, kalau bisa rutin naik jadi limaribu. coba kaliakn aja sebulan, lumayan kan hasil tabungannya.

Nah itulah 20 Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa dari kakak, jika sobat punya cara sendiri silahkan share di komentar bawah. Jangan lupa bagikan Tips ini pada teman-teman ya...



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "20 Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa"

  1. Sangat bermanfaat tipsnya. Memang benar kalo gak dibungkus pasti suka nambah yang lain-lainnya

    Kunjungi juga http://afikrubik.com/ ya

    BalasHapus