Ngekost Sekamar Bareng, Kamu Harus Peka 15 Hal ini


Sebagai mahasiswa dari luar kota, sudah pasti kamu harus cari tempat kost. Tinggal untuk pertamanya di kost bagi kamu mahasiswa baru pasti merepotkan, apalagi jika kamu sekamar berdua dengan teman yang baru saja kamu kenal sehari waktu registrasi.

Hmm.. pastinya kalau tidak ada komunikasi yang baik akan timbul banyak konflik. Mumpung belum terlanjur yuk kita persiapkan sejak dini apa saja yang harus kamu lakukan dan persiapkan agar sekamar bareng sama-sama nyaman dan betah dikamar.

Berikut 15 Hal persiapan ngekost bareng temen dan kamu harus peka terhadap ke-15 hal ini;
persiapan ngekost skamar bareng
Ngekost Sekamar Bareng, Kamu Harus Peka 15 Hal ini (photo; newstrack)

1. Barang yang dibawa

Barang apa saja yang kamu dan teman sekamarmu bawa. Usahakan tidak membawa bareng dengan fungsi yang sama, seperti televisi dan kipas angin atau barang elektronik lain yang punya fungsi sama, karena biasanya kamar kost punya ruang yang terbatas.

2. Tawarkan Bantuan

Jika kamu lihat teman sekamar sibuk sendiri mengerjakan tugas atau membersihkan kamar sendiri, cobalah tawarkan bantuan, pasti teman kamu senang walau dia kadang malu untuk minta bantuan.

3. Desain Kamar

Kira-kira mau mendekorasi kamar seperti apa ya? apakah almari  atau meja yang ditaruh disamping pintu ? Diskusikan dengan teman sekamar. Siapa tahu temanmu punya ide brilian, seperti digantung misalnya :D

4. Hobi

Kamu harus tahu hobi temanmu disaat waktu luang apa, mungkin hobinya membaca, debat, BBMan, telp2an, fban, atau nonton film di leptop, atau barangkali hobi pacaran dan jungkir balik diatas kasur.

Kamu harus pandai menyesuaikan dengan hobi temanmu, beruntung bisa punya hobi sama. contohnya sama-sama suka baca buku kamu bisa gantian deh ma dia.

5. Makanan Kesukaan

Siapa bilang hal ini tidak penting. Jika temanmu suka makanan-makanan berbau seperti pete atau jengkol, jika kamu kebetulan tidak suka, komunikasikanlah dengan dia, seperti minta kumur dan gosok gigi 7X yang sekali campur lebu kalau selesai makan itu :D

6. Musik Kesukaan

Pahami kesukaan musik temanmu, jika kebetulan kesukaanya musik keras hard rock, punk, yang berisik belikanlah headset buat dia, bilang jujur musik seperti itu mengganggumu untuk konsentrasi. temen pasti akan ngertiin.

7. Teman / Pacar Main ke Kamar

Bagaimana perasaanmu jika teman sekamarmu bawa temen kampusnya main masuk kedalam kamar. hmm.. apalagi jika lawan jenis, bisa jadi kamu diminta nginep dulu dikost temen, iya kalau seminggu sekali, bagaimana jika tiap pulang kuliah??

Cobalah bicarakan dengan lembut, boleh saja bawa teman tapi ingat waktu.. otey...

8. Fungsi Kamar Kost

Bagi rata-rata aktivis kampus kamar kost bisa jadi hanya sebagai titip barang-barang saja karena kesehariannya dihabiskan dikampus, PKM atau UKM. Sering pulang malem karena rapat organisasi.
Komunikasikan dan duplikatlah kunci agar tidak mengganggu jika musti pulang malem.

Ada juga yang memfungsikan kamar kost sebagai pacaran, karena lebih hemat.

9. Jadi Pendengar yang Baik

Jadilah pendengar yang baik, kadang teman sekamar banyak masalah ingin teman curhat, dengarkan dengan sabar curhatan dia semalam, kasih feedback juga penting, berarti kamu peduli pada teman sekamar.

10. Berbagi Info Kampus

Apa yang kamu tahu soal kampus? Ini merupakan salah satu cara menjalin hubungan yang lebih erat dengan teman sekamar. Dengan berbagi informasi seputar kampus atau lingkungan sekitarnya, kalian bisa merencanakan berbagai kegiatan asyik berdua sekaligus mengakrabkan diri satu sama lain.

11. Barang apa yang tidak boleh ada di kamar?

Selain barang apa yang akan dibawa, kalian perlu juga menyampaikan informasi tentang barang-barang apa saja yang tidak boleh ada di kamar. Misalnya, jika teman sekamar alergi pada sesuatu, jangan bawa bahan tersebut ke kamar.

12. Hal yang Tidak disukai

Cobalah cari tahu hal apa yang tidak disukai teman, mungkin dia tidak suka dengan cara kamu menaruh barang atau pakaian sembarangan misalnya, kamu mesti tahu diri akan hal itu. oke.

13. Gaya Tidur

Kenali gaya tidurmu sendiri, apakah ketika tidur kamu dengkur, ngiler, atau barangkali ngolat-ngolet yang semula kepala diatas malah dibawah. Jika temanmu salah satunya kasih pengertian.

14. Watak Teman Sekamar

Nah ini, kamu harus tahu watak teman sekamarmu. bisa jadi wataknya seriusan, gag bisa diajak bercanda, atau malah sak penake udele dewe. 
kamu mesti belajar nyesuain, kalau orangnya gag bisa diajak canda, candalah sewajarnya saja.

15. Buat Peraturan Kamar

 Perlu buat peraturan tertulis? Nah, kalau sudah ada kesepakatan, pastikan apakah kalian perlu membuat peraturan tertulis untuk ditempel di kamar. (rfa)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ngekost Sekamar Bareng, Kamu Harus Peka 15 Hal ini"

Posting Komentar