Unnes Perbarui Perubahan Biodata



Biodata mahasiswa harus segera diperbarui jika terdapat perubahan di SIKADU supaya saat mengurusi wisuda bisa mudah dan lancar.

Suwardi, pengelola data program studi pada Sub Bagian Pendidikan dan Evaluasi Unnes menyatakan bahwa jumlah peserta wisuda periode satu tahun 2014 Unnes terbilang lumayan banyak. Hal itu dapat dilihat dari data rekapitulasi peserta wisuda periode satu pada 26 Februari di Auditorium Unnes.

Sebanyak 1.452 peserta telah diwisuda pada periode satu. Adapun perinciannya berasal dari lulusan program Doktor sejumlah 9, Magister sejumlah 130, program Sarjana sejumlah 1002, program Diploma sejumlah 17, dan program Pendidikan Profesi Guru dan Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (PPG-SM3T) sejumlah 294 mahasiswa.

Jumlah wisuda yang termasuk PPG-SM3T berdasarkan catatan Sub Bagian Pendidikan dan Evaluasi Unnes diperoleh dari Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3). “Jadi, data wisuda PPG-SM3T dari sana dikirimkan ke e-mail dan kami percaya saja dengan data yang dikirim,” tambahnya pada kamis (27/2).
Pada periode ini, baru pertama kali PPG-SM3T diwisuda bersamaan dengan wisuda lainnya. Sehingga, jumlah wisuda PPG-SM3T ini mampu menambah total keseluruhan peserta wisuda menjadi 1.452 peserta wisuda. Jumlah wisuda di tahun 2014 memang tidak bisa dibandingkan dengan tahun 2013 karena memang jumlah pelaksanaan wisuda yang dilakukan berbeda.

“Jika di tahun 2013, pelaksanaan wisuda dilakukan 2 kali dalam setahun, sedangkan di tahun 2014 ini dilakukan sebanyak 3 kali,” ungkap Suwardi. Dia menambahkan perubahan ini tidak terlalu menyulitkan Sub Bagian Pendidikan dan Evaluasi Unnes. Kerja yang dilakukan pun sama saja, katanya, seminggu terakhir sebelum batas verifikasi memang banyak calon wisuda yang mengurus verifikasi. Sub Bagian Pendidikan dan Evaluasi memberi kesempatan dengan penambahan waktu buka yang semula sampai pukul 16.00 WIB menjadi pukul 17.00 WIB.

Beberapa upaya telah dilakukan Sub Bagian Pendidikan dan Evaluasi Unnes untuk mengingatkan calon wisuda yang akan ikut wisuda di periode 1. Salah satunya melalui short message service (sms) ke calon wisuda untuk segera melakukan verifikasi. “Apabila telah melebihi batas pendaftaran periode 1 maka otomatis akan diatur menjadi peserta wisuda periode 2 pada 10 Juni 2014 yang pendaftaran dimulai pada 29 Januari sampai dengan 13 Mei 2014,” jelasnya.

Namun, hal ini juga kurang maksimal dikarenakan masih ada calon wisuda yang tidak memperoleh informasi karena nomor handphone yang telah ganti. “Mahasiswa harus segera memperbarui biodata mahasiswa jika ada perubahan baru di SIKADU supaya saat mengurusi wisuda bisa mudah dan lancar,” sarannya.

Keluhan dari calon wisuda saat mengurusi persiapan wisuda, berdasarkan keterangan Suwardi adalah pada penulisan tanggal lahir yang tidak sesuai. “Terkadang kesalahan terjadi pada penulisan kota lahir dan tanggal lahir. Kesalahan ini baru terlihat saat dilakukan verifikasi,” tambahnya. Dia menceritakan bahwa ada calon wisuda PPG yang mengeluhkan data yang salah, hal ini terjadi karena dari awal data yang diperoleh Sub Bagian Pendidikan dan Evaluasi Unnes telah salah sehingga akhirnya pun salah.
Uus, Rahma, Susi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unnes Perbarui Perubahan Biodata"

Posting Komentar