Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Unnes



Program Studi (Prodi) Teknologi Pendidikan berada di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan mendapatkan Akreditas B (Baik) berdasarkn S.K. BAN PT No. 023/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011.

Kompetensi utama lulusan ini menjadi penggembang kurikulum dan teknologi pendidikan serta pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu mengembangkan kemampuan belajar mandiri ditunjang oleh daya kritis, kreatif, inovatif, profesional, berkesadaran sosial, budaya, dan lingkungan tinggi, jujur, peduli, santun, dan tangguh dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), perubahan sosial-budaya, dan menjalankan aktivitas kerja profesi dan sosialnya.

Prodi ini menyelenggarakan pendidikan teknologi pendidikan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan dalam tiga konsentrasi, yaitu pengembang kurikulum dan pembelajaran, pengembang teknologi pembelajaran, dan pendidik dan tenaga kependidikan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan multimedia.

Pengembang kurikulum dan pembelajaran;
Lulusan mampu mengembangkan, mengimplementasikan, mengelola, dan mengevaluasi kurikulum dengan mengacu pada dasar ideologis-filosofis, yuridis, sosiologis, psikologis, dan historis dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang nasionalis, religius, dan toleran terhadap keberagaman.

Pengembang teknologi pembelajaran;
Lulusan mampu mengembangkan, menggunakan, mengelola, dan mengevaluasi teknologi pembelajaran dalam bentuk media dan metode pembelajaran secara bertanggung jawab dengan mengacu pada prinsip-prinsip pedagogik dan nilai-nilai etika budaya luhur.

Pendidik dan tenaga pendidik TIK dan multimedia;
Lulusan mampu menjadi guru dan tenaga kependidikan yang kompeten dalam menyelenggarakan pembelajaran TIK dan multimedia menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam suasana demokratis, partisipatoris, dan emansipatoris.

Mampu melakukan penelitian dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan serta menghasilkan gagasan dan rekomendasi dalam bidang kajian dan praktik kurikulum dan teknologi pendidikan secara kritis, kreatif, inovatif, dan tepat.

Kompetensi Pendukung

  1. Mampu mengelola dan mengembangkan pusat sumber belajar yang berkualitas.
  2. Mampu memahami dan menguasai konsep dan praktik Sistem Pendidikan Nasional dan kebijakan pendidikan sebagai acuan dalam aktivitas kerja profesi dan sosialnya.
  3. Mampu menjadi trainer aandal dan dapat merencanakan, mengelola, dan mengembangkan program pendidikan dan pelatihan (Diklat) di masyarakat.
  4. Mampu mengembangkan potensi diri individual dan kelompok dalam bidang broadcasting, kewirausahaan, maupun jurnalistik untuk keperluan menunjang tujuan pembelajaran dengan tetap mengacu pada prinsip-prinsip dasar pedagogik yang tepat.


Kompetensi Lain
Mampu mengelola tim dan organisasi dalam aktivitas pengembangan kurikulum dan teknologi pembelajaran serta pembelajaran secara demokratis dan partisipatoris.

Alamat Prodi Teknologi Pendidikan Unnes
Alamat Kantor: Gedung A3 Lantai 1 FIP UNNES;
telp/fax : 024-8508023/024-8508019.
Website: http://teknodik.unnes.ac.id

sumber dan foto; laman resmi Unnes.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Unnes"

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNNES " .
    Saya juga mempunyai artikel yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Pusat Studi Elektronika by Universitas Gunadarma

    BalasHapus